Bolmong

Kecam Pagelaran Teater di Manado, Yasti Bakal Fasilitasi Tokoh Adat Laporkan ke Polisi

TOPIKBMR.NEWS,BOLMONG– Kecaman terhadap pagelaran teater Pingkan Matindas: Cahaya Bidadari Minahasa yang dipentaskan oleh Institut Seni Budaya Independen Manado (ISBIMA) di gedung eks-kantor DPRD Sulawesi Utara, Sabtu (31/10/2020) lalu, terus berdatangan.

Setelah tokoh adat, budayawan hingga tokoh pemuda melayangkan kecaman atas pementasan yang disutradai Achi Breyvi Talanggai tersebut, Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow tak ketinggalan.

Kepada wartawan, Senin (2/11/2020), Yasti mengecam dan mengutuk keras teaterikal yang ditayangkan secara live streaming di Kawanua TV Manado tersebut.

Dirinya mengaku sangat menghargai dan hormat dengan pelaku seni dan karya seni. Namun teaterikal itu dinilainya ada upaya memprovokasi dan menyulut kemarahan warga Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Karena itu, Yasti yang juga merupakan keturunan dari Raja Loloda Mokoagow siap memfasilitasi semua tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda BMR yang ingin melaporkan masalah ini ke kepolisian.

Kepada sutradara pagelaran ini Achi Breyvi Talanggai yang menyampaikan permohonan maafnya melalui akun facebook, Yasti menyarankan dilakukan secara terbuka.

“Datang minta maaf langsung di hadapan masyarakat BMR, jangan lewat media sosial saja. Pertanggungjawabkan apa yang sudah diperbuat, karena sudah melukai hati masyarakat BMR,” kata Yasti.

Yasti menjelaskan, pagelaran itu secara jelas menodai nilai-nilai sejarah serta ketokohan Raja Loloda Mokoagow yang merupakan panutan, kehormatan, serta harga diri seluruh rakyat Mongondow.

”Sungguh sangat melukai hati rakyat BMR. Harusnya sang sutradara punya etika dalam menampilkan karya seni, punya dasar alasan dalam menulis. Ini pelecehan terhadap rakyat BMR, harus ada tindakan hukum terhadap karya seni yang jelas-jelas menyinggung SARA,” tegas orang nomor satu di Bolmong ini.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top