Pj Wali Kota Asripan Nani Terima Penghargaan Kota Peduli HAM Tahun 2023

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si, menerima penghargaan prestisius untuk Pemerintah Kota Kotamobagu sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Prof. (H.C.) Dr. (H.C) Olly Dondokambey, S.E, dalam rangka peringatan Hari HAM Sedunia ke-75. Acara penghargaan berlangsung pada Senin, 11 Desember 2023, di Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Prestasi luar biasa ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dalam menjaga dan mengedepankan Hak Asasi Manusia. Kota ini berhasil meraih nilai tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara dengan skor 96,3.

Hal ini menjadi bukti sinergitas yang kuat di antara seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Kotamobagu dalam memberikan pelayanan publik berbasis HAM.

“Hari ini, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si, menerima penghargaan untuk Pemerintah Kota Kotamobagu sebagai kabupaten/kota Peduli HAM dengan nilai 96,3, yang merupakan nilai tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Pencapaian ini berkat sinergitas seluruh perangkat daerah Pemerintah Kota Kotamobagu dalam penyelenggaraan pelayanan publik berbasis HAM,” ungkap Kabag Hukum Pemerintah Kota Kotamobagu, Chandra Saniman, S.H.

Dia juga menekankan bahwa penyelenggaran HAM adalah kewajiban dan tanggung jawab pemerintah, sebagaimana diamanatkan oleh Pasal 71 dan 72 Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM.

“Kementerian Hukum dan HAM mendukung penuh upaya Pemerintah Kota Kotamobagu dan Pemerintah Kabupaten lainnya untuk melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM dan menyelesaikan masalah HAM di daerah masing-masing,” tambahnya.

Acara penghargaan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Dr. Ronald Lumbuun, S.H, M.H., serta Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara, Steve Kepel, S.T., M.Si. Turut hadir juga para Kepala Daerah se-Sulawesi Utara, yang menyaksikan penghargaan prestisius ini sebagai pengakuan atas dedikasi Kota Kotamobagu dalam menjunjung tinggi nilai-nilai HAM. (Advertorial)

Leave A Reply

Your email address will not be published.