Pancaroba Berpotensi Wabah Penyakit, Ini Langkah Dinkes Bolmut

0

TOPIKBMR.CO BOLMUT – Perubahan cuaca atau yang dikenal dengan pancaroba, dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut, melalui tim gerak cepat (TGC), pun mulai melakukan upaya antisipasi adanya perubahan cuaca saat ini. Dimana Dinkes tak ingin kecolongan dan berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya banyak kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) utamanya kasus Demam Berdarah Denague (DBD).

“Untuk antisipasi, kami mulai menyiapkan program-program penanggulangan dan pencegahan. Hal ini melihat situasi pancaroba seperti saat ini yang sangat berpotensi menimbulkan berbagai macam wabah penyakit. Salah satu penyakit yang diwaspadai kemunculannya ialah DBD,” ujar Kepala Dinkes dr Jusnan C Mokoginta MARS diruang kerjanya, Selasa (11/02/2020).

Dijelaskannya, perubahan cuaca dari penghujan sangat berpotensi muculnya wabah DBD. Dia pun memastikan, bidang teknis di instansi itu akan semakin intensif dalam mensosialisasikan kebersihan lingkungan di enam kecamatan dan 106 desa di Bolmut, utamanya membudayakan gerakan 3 M Plus yakni menguras, mengubur dan menutup bak penampungan air. Tujuannya agar perkembangan jentik nyamuk penyebab DBD bisa diatasi.

“Daerah kita sempat juga mengalami serangan DBD hebat pada periode beberapa tahun sebelumnya, hingga banyak pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit. Makanya, hal ini kami antisipasi sejak dini, agar tidak sampai muncul KLB pada tahun ini,” tegasnya.

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh berpesan, agar Dinkes kerja keras dalam rangka menghalau dampak negative yang bakal muncul akibat peralihan musim. Dia berharap upaya-upaya seperti penyuluhan kepada masyarakat, fogging utamanya pada wilayah endemic, pembagian bubuk abate dan pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan secara maksimal, agar warga Bolmut aman dari jangkauan DBD.

“Saya juga mengimbau masyarakat untuk menggalakan 3 M dan plusnya, sebab ini merupakan cara paling efektif dalam menghindari gigitan nyamuk. Tolong bapak-bapak camat dan sangadi juga turut berkoordinasi dengan Dinkes dalam rangka mengantisipasi datangnya musim pancaroba dimaksud, agar sosialisasi ke masyarakat bisa berjalan lancar,” harap bupati. (BUY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.