Tatong : Lomba Masamper di Kotamobagu, Pererat Silaturahmi Antar Warga Sulut

0

 topikbmr.co KOTAMOBAGU – Wali Kota Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, membuka secara resmi kegiatan lomba masamper ke-2, se Sulut yang berlangsung di lapangan Boki Hontinimbang Kotamobagu Jumat (12/07/2019). Lomba ini juga dirangkaikan, untuk menyongsong dan meriahkan HUT RI ke 74.

Dalam sambutan Wali Kota, sedikit menyampaikan sampai diprogramkannya lomba masamper di Kotamobagu. Ketika Wali Kota diundang pada acara masamper di gereja solafide yang mengelar tulude beberapa waktu lalu.

Pada saat acara tulude itu, saya dinobatkan sebagai mama sarani di gereja. Jadi jangan heran warga Nusa Utara saat berada di pasar memanggil saya mama Ani. Sejak itulah tulude digairahkan di kotamobagu dan pada tahun 2016 perlombaan pertama digereja Katulidan dan saat lomba tidak ada bergerak nanti sampai adzan subuh memisahkan.

“Saat itu pula grup masamper sahabat tanpa batas bertanding di Sanger dan juara,” ujar Tatong.

Lanjut Tatong, atas dasar itulah kemudian budaya ini pemkot masukan dalam agenda program daerah dan malam ini merupakan lomba kedua yang dilaksanakan.

Menurut Wali Kota, kegiatan ini lebih pada untuk menumbuh kembangkan budaya dan mempererat toleransi. Oleh karena itu, kita harus mempertahankan dan meningkatkan Kotamobagu menjadi daerah paling toleran di Sulut seperti tahun 2017, dimana Kotamobagu dinobatkan daerah paling toleran nomor urut 7 se Sulut.

“Lomba masamper ini merupakan kegiatan yang menjadi implementasi untuk tetap hidup rukun dan damai dalam NKRI. Sekaligus untuk menghibur masyarakat dalam rangkat menyambut HUT RI ke 74,” tandas Tatong.

Turut hadir Wakil Wali Kota Nayodo Kurniawan, unsur forkompimda, Sekot Kotamobagu, pejabat eselon II, Camat, Lurah dan Sangadi serta tokoh nusa utara yang meyaksikan 17 peserta masamper yang datang dari Manado, Bitung, Minut, Minsel, dan Kotamobagu sendiri sebagai tuan rumah. (Her)

Leave A Reply

Your email address will not be published.