Sukses Gelar Pelayanan KB Gratis, Yuniarti: Tak Lepas Peran Penyuluh KB

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU— Berbagai program terus dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PP-KB) Kota Kotamobagu awal tahun 2022 ini.

Salah satunya program pelayanan KB gratis bagi masyarakat yang digelar Dinas PP dan KB Kotamobagu di Puskesmas Gogagoman, Rabu 23 Februari 2022.

Kepala Dinas PP-KB melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana Yuniarti Baderan mengatakan, bahwa pelayanan KB gratis bagi masyarakat merupakan program Dinas PP dan KB Kotamobagu setiap bulan.

“Target pelayanan setiap bulannya sebanyak 50 akseptor per kecamatan dengan sasaran pasangan usia subur,” kata Yuliana badera kepada awak media liputanBMR.com.

Dikatakan, untuk program pelayanan KB secara cuma-cuma ini sendiri dilaksanakan kali dalam sebulan di dua kecamatan.

“Jadi pelaksanaannya kita gilir, seperti hari ini kita gelar di Puskesmas Gogagoman dan selanjutnya di Kecamatan Kotamobagu selatan yakni di Puskesmas Motoboi Kecil,” ungkapnya.

Lanjut Yuliana, adapun persyaratan pelayanan KB gratis yakni calon akseptor hanya membawa KTP atau kartu keluarga dan BPJS kesehatan.

“Untuk pelaksanaan hari ini ada sekitar 38 akseptor. Rata-rata menggunakan IUD Implan, baik untuk pemasangan maupun cabut Implan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, dalam setiap pelaksanaan program pelayanan KB gratis pihaknya selalu didampingi para penyuluh KB dari Kementerian.

“Suksesnya program ini tentunya tidak lepas dari peran maksimal para penyuluh KB yang selalu mendampingi setiap kegiatan pelayanan,” tandasnya.

(43/Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.