Bolmut

PWI Bolmut dan Sembilan OKP Bersihkan Sampah di Pulau Bongkil

TOPIKBMR.NEWS BOLMUT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  bersama sembilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) gelar bersih sampah di pulau Bongkil. (17/08/20)

Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia ( RI ) dijadikan sebagai hari yang sakral dalam menggelar pengibaran bendera di salah satu pulau terluar Indonesia, yakni Pulau Bongkil, tepatnya di Kecamatan Pinogaluman, Kab Bolmut, tak hanya itu PWI dan sejumlah OKP Lainnya gelar aksi Bersihkan sampah plastik.

Pantauan media TopikBMR.NEWS, sebanyak 47 karung sampah plastik berhasil dikumpulkan. Sampah yang terkumpul diangkut di kapal dan dibawa pergi dari Pulau Bongkil menuju Kota Boroko, untuk selanjutnya didaur ulang.

Sam Tampusu, selaku koordinator World Cleanup Day (WCD) yang turut bergabung dalam kegiatan ini mengatakan, pemerintah telah menetapkan Rencana Aksi Nasional (RAN) terkait pengelolaan dan pengurangan sampah di laut sebesar 70 persen pada 2025.

“Komitmen itu bahkan telah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam KTT Pemimpin G-20 di Hamburg, Jerman. Sanksi tegas akan diberikan pada pihak-pihak yang membuang limbah/sampah di perairan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pelayaran”, tegasnya

Tambahnya, terkait pengelolaan sampah,  jelas tertuang dalam UUD No 18 Tahun 2008 bahwa pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

“Sampah plastik yang dikumpul tidak boleh dibakar, karena mengandung gas rumah kaca bahkan zat diosksin dan furan, yang oleh World Healt Organisation (organisasi kesehatan dunia) sudah ditetapkan sebagai gas yang memicu kanker pada manusia dan berdampak pada pemanasan Global yang memicu terjadinya perubahan iklim”, tutup Sam. (BUY)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top