Modal Keterampilan, Eka Ciptakan Alat Sangrai Kopi

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Setiap orang harus memiliki keterampilan untuk mengembangkan potensi diri dengan menciptakan suatu barang dengan buatan tangan sendiri atau ‘hand made’.

Hal itulah yang dilakukan Eka Paduo, warga Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu. Dia memanfaatkan keterampilanya untuk menciptakan berbagai macam produk.

Salah satunya alat sangrai kopi manual. Hanya dengan modal pengetahuan ia ciptakan alat sangrai kopi yang tidak kalah dengan alat sangria kopi otomatis.

Hanya menggunakan alat seadanya, hasil kopi yang telah disangrai dari alat manual ini juga tidak kalah dengan hasil dari alat otomatis yang berharga ratusan juta.

“Alat ini saya rancang sedemikian rupa agar kualitas kopi setelah disangrai bagus. Baik temperatur dan waktu. Juga alat untuk pengecekan biji kopi sudah tersedia di alat sangrai kopi ini,” kata Eka.

Dikatakannya pula, hasil kopi yang disangrai lewat alat tersebut, sudah menembus pasar luar daerah. “Kopi yang saya sangrai dari alat ini sudah menembus pasar luar daerah Kotamobagu, seperti Bolsel bahkan Kota Manado,” tukasnya.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.