DLH Kotamobagu Rencanakan Lahan Baru Untuk TPA

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu saat ini tengah memikirkan lokasi baru Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk sampah di seluuh Kota Kotamobagu.

Karena berdasarkan pemantauan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu, TPA yang ada saat ini hanya akan bisa bertahan satu sampai dua tahun mendatang.

Demikian yang dikatakan Sekretaris DLH Kotamobagu Hendri Mokodongan, Rabu (19/5/2021).

“Kita telah beberapa kali melakukan pemantauan ke TPA yang saat ini, dan itu kemungkinan hanya akan bertahan sekitar satu atau dua tahun lagi untuk menampung sampah,” ujar Hendri.

Pun, perencanaan pembebasan lahan untuk TPA baru sebenarnya sudah sempat dianggarkan namun terkendala pandemi Covid-19 sehingga masih tertunda.

“Sebenarnya anggarannya sudah ada, namun karena pandemi di awal tahun 2020 sehingga dana untuk lahan TPA baru di tiadakan. Nanti tinggal menunggu waktu yang tepat kita akan bahas lagi bersama wali kota untuk lahan TPA baru,” jelasnya.

Disisi lain Hendri mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai ataupun drainase. Ia juga meminta ke masyarakat untuk lebih cerdas lagi dalam pemilahan sampah olahan rumah tangga.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.