Awasi Pilgub 2020, Panwaslu Kecamatan Kaidipang Gelar Rakor

0

TOPIKBMR.NEWS BOLMUT– Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kaidipang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengawasan pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Partisipatif Pemilihan Gubernur  dan wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara 2020,yang dilaksanakan di kantor Camat Kaidipang, Selasa (15/10/20)

Ketua Panwaslu kecamatan Kaidipang Muin Wengkeng, didampingi anggota Panwaslu Awaludin Tanaiyo dan Meyer Mentang  membuka  secara resmi Rapat Koordinasi tersebut.

Camat Bolaang Itang Barat Supriadi Goma sebagai pemateri menjelaskan beberapa sejarah pemilu pertama di Indonesia serta menjelaskan tentang money politik dan politik  identitas  pertama yang terjadi di Indonesia.

” Dampak politisasi identitas adalah konflik sosial (antar agama, suku dan etnis), tujuan pemilu tidak tercapai, disintegrasi bangsa, melemahnya pengaruh negara/pemerintah ditengah masyarakat. ” Jelas Supriadi Goma yang juga ketua PC NU Bolmut.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Kaidipang Muin wengkeng, mengaskan kepada ASN dan prangkat desa dapat membantu dalam pengawasan Pilgub 2020 kali ini

” Dalam pengawasan pemilu, panwaslu kecamatan Kaidipang dapat membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat karena masyarakatlah merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di Negara demokrasi. Pengawasan partisipatif sangat penting dilakukan terutama ditempat-tempat yang privat dan akses jauh dari pusat pengawasan. Pengawasan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi menjadi tolak ukur kesuksesan Pemilu dalam melaksanakan proses terhapan pengawasan pada pemilihan Kepala Daerah di provinsi Sulut,”harap Muin.

Lanjut Muin. “Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis kualitatif deksriptif dengan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama; ASN, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan para pemuda agar mengintruksikan kepada masyarakat agar ikut serta dalam pengawasan partisipatif,” Ucap Muin.

Kegiatan ditutup dengan dengan penandatanganan deklarasi penolakan anti money politik. Pantauan media TopikBMR.News  anggota yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut, camat Bolaang Itang barat, para Sangadi  beserta aparat desa se-Kecamtan Kaidipang. (BUY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.