Wali Kota Tatong Bara Resmikan Replika Rumah Adat Komalig

0

TOPIKBMR.CO,KOTAMOBAGU— Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara resmikan replika rumah adat Komalig Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (18/11/2019). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh wali kota didampingi Wakil Walikota Nayodo Koerniawan,SH.

Dalam kesempatan tersebut melihat langsung berbagai peralatan khas bolaang mongondow baik yang masih asli maupun replika serta foto berbagai ornamen yang sekarang masih tersimpan di berbagai museum luar negeri.

Sementara itu ditemui usai meresmikan Komalig, wali kota menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Desa Kopandakan I

“Apresiasi tentu saya sampaikan dengan kreatifitas desa kopandakan satu yang mempunyai inovasi baik untuk melestarikan seluruh ibadah yang ada di daerah ini serta mengkoleksi dan mengambil data peninggalan leluhur kita yang sekarang ada di luar negeri, bahkan ada beberapa barang yang masih asli disamping replikanya,” ujar wali kota.

Kedepan lanjut wali kota, pemerintah akan menyediakan lahan yang lebih representatif lagi, agar bisa menampung lebih banyak koleksi peralatan hingga perlengkapan pakaian adat dan ornamen khas Bolaang Mongodow yang digunakan baik suka maupun duka.

“Tempat ini cukup kecil untuk bisa menikmati dan belajar tentang bolaang mongondow, kedepan akan kita perluas dengan menyediakan tempat yang representatif untuk menkoleksi lebih besar lagi. Saat ini baru replika dan asli dari sisi peralatan saja, pakaian adat pada sejumlah prosesi adat baik suka maupun duka belum ditampilkan. Sehingga kedepan diharapkan mudah-mudahan akan berkembang seiring waktu karena mengemas hal ini bukan sesuatu yang gampang,” pungkasnya.(HM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.