Tenaga Ahli Bidang Infrastruktur Desa Latih Kader Teknis Bagi Aparat Desa, Ini Tujuannya

0

TOPIK BOLTIM,- Tim Tenaga Pendamping profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Sulawesi Utara menggelar pelatihan kader teknis desa di Desa Bangunan Wuwuk Timur, Kecamatan Modayag Barat Jumat (18/01/2019) belum lama ini.

Acara tersebut diikuti oleh para aparat desa yang ada di Desa Bangunan Wuwuk Timur.

Pelatihan tersebut dibuka lanngsung oleh Kepala Desa Bangunan Wuwuk Timur Welly A Rompas ST.

Dalam kesempatan itu, Welly, mengingatkan para aparat desa agar jangan main-main menggunakan dana desa.

Apalagi di tahun 2019, penggunaan anggaran desa akan dipantau dan diawasi oleh semua elemen masyarakat.

Olehnya itu tiap desa harus mampu mengelolah anggarannya dengan baik tanpa ada penyelewengan dan harus sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

“Jadi manfaatkan pelatihan ini untuk dapat mengetahui bagaimana menyusun RAB untuk pembangunan di desa,” ujar Welly.

Sementara, Ketua Panitia Lidya A Waney menjelaskan pelatihan tersebut untuk melatih kader terbaik di desa agar bisa merancang RAB dalam program pembangunan yang ada di desa.

“Selama ini beberapa desa selalu terkendala oleh kurangnya kader teknik yang ahli menyusun RAB, makanya pelatihan ini kita berikan agar desa bisa terbantu,” terangnya.

Salah satu pemateri kegiatan tersebut, Novan Toisi ST,memaparkan bagaimana penyusunan RAB desa lebih efektif dan efisien.

“Dana desa adalah dana untuk pembangunan masyarakat, olehnya itu penyusunan RAB harus terarah dan efisien agar hasilnya berkualitas,” tuturnya. (Ndet)

Leave A Reply

Your email address will not be published.