Kotamobagu

Tatong Sukses Lobi 2,7 Miliar Untuk Penataan Kawasan Kumuh

TopikBMR.Com

KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara berhasil melobi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari pemerintah pusat sebesar 2,7 Miliar  untuk penataan kawasan kumuh yang ada di Kota Kotamobagu tahun 2019 ini.

Hal ini disampaikan oleh Chelsia Paputungan ST, Kabid Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PR-KP) Pemkot Kotamobagu, Senin (4/1/2019).

“ Ibu Wali Kota Ir Tatong Bara berhasil melobi alokasi anggaran APBN tahun 2019, untuk penataan pemukiman kumuh sekira 2,7 Miliar,”ujar Chelsia.

Dijelaskan, Dinas PR-KP Kotamobagu menargetkan enam titik yang menjadi sasaran penataan pemukiman kumuh tahun 2019 ini. Dimana ada beberapa program kegiatan yang akan direalisasikan guna memaksimalkan program Kotamobagu Kotaku yang dicanangankan oleh Wali Kota Ir Tatong Bara semenjak tahun 2016 lalu.

“ Diantaranya, Kelurahan Kotamobagu, Kotobangon, Gogagoman, Mongondow, Motoboi Besar dan Molinow,”jelas Chelsia.

Sebelumnya, Wali Kota Ir Hj Tatong Bara mengatakan, akan berupaya agar Kota Kotamobagu bisa menjadi kota layak huni, produktif dan berkelanjutan dengan menggulirkan program Kotamobagu Kota Tanpa Kumuh.

Dimana melalui program ini, ditargetkan pada 2019 mendatang Kotamobagu sudah berada pada posisi nol persen kumuh.

“Program Kotamobagu Kotaku ini bertujuan, untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukaan kumuh perkotaan, agar terwujud permukiman perkotaan yang layak huni produktif dan berkelanjutan,” ujar Tatong.

Dikatakan, pemerintah berusaha guna meningkatkan pembangunan dan perbaikan sarana prasarana infrastruktur dasar. Upaya tersebut dilakukan melalui beragam program dan kegiatan, termasuk di dalamnya program  Kotamobagu Kotaku.

Target pemerintah kotamobagu,  pada 2019 Kota Kotamobagu menjadi kawasan bebas kumuh atau nol persen.

“Semua itu bertujuan untuk meningkatkan akses perekonomian warga, sehingga jalur distribusi ekonomi bisa lebih lancar yang akhirnya berdampak pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (Herdy)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top