Advertorial

Program Padat Karya Tunai di Desa Bongkudai Barat Tahap I Sukses

TopikBMR.Com BOLTIM – Program Padat Karya Tunai (PKT) yang kian digalakkan ini memantik warga untuk terjun langsung berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Seperti yang dilaksanakan Desa Bongkudai Barat, Kecamatan Modayag Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, program yang langsung memberi hasil bagi pekerjanya ini tengah dijalankan untuk membuat jalan Paving Block dan Drainase.

( Foto : Pendamping Desa Zulfikar Gaib saat monitoring program PKT di Desa Bongkudai Barat)

Pendamping Profesional Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Zulfikar Gaib Bersama Tim meninjau langsung program PKT di Desa Bongkudai Barat.

“Saya meninjau apakah dana desa terserap tahap 1 20 persen, ternyata sudah terserap. Selain itu, mengecek apakah PKT jalan. Memang yang mengerjakan masyarakat asli desa dan sesuai UMP setempat,” kata Zulfikar Gaib S.Kg, Senin (20/05/2019)

Dia berharap dengan program PKT ini masyarakat mendapat income langsung dan terjadi perputaran ekonomi di desa-desa.

“Saya juga mengapresiasi kepada pemerintah desa Bongkudai Barat terutama Kepala Desa Hasmi Tololiu yang Menjalankan Program Sesuai Prosedur dan melibatkan warga sekitar dalam kegiatan pembangunan jalan tersebut” ujarnya selepas meninjau pelaksanaan PKT Bongkudai Barat.

Mayoritas penduduk di Desa Di Bongkudai Barat Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur bermatapencaharian sebagai petani. Pembangunan akses menuju Pemukiman, lahan pertanian, serta Tempat Pariwisata,menjadi hal yang urgent.

Dari hasil musyawarah desa serta penghinaan sebagian lahan oleh warga untuk pembangunan jalan Paving Block dan Drainase dengan volume 170x3xM.

Dari total anggaran dana desa di Desa Bongkudai Barat Rp 781.458.141 dialokasikan untuk pembangunan jalan Paving Block sebesar Rp.383.700.000 dan HOK Sebesar Rp.94.973.900 Selama 60 hari pekerjaan.

Pemanfaatan jalan Pemukiman pertanian,serta jalan menuju akses pariwisata ini bakal menjangkau hingga 60an KK, dilakukan dengan swakelola dan melibatkan masyarakat warga sekitar yang masuk kategori buruh dan penambang.

Dilokasi yang sama melalui Kepala Desa Bongkudai Barat Hasmi Tololiu, mengatakan pihaknya saat ini sudah merealisasikan kegiatan tahap 1 20 persen sepenuhnya.

” Saat ini untuk kegiatan 20 persen tahap 1 sudah sepenuhnya terealisasi,dan saya sudah meminta kepada sekretaris desa untuk menyusun dokumen untuk pengajuan pencairan DD dan ADD tahap 2 40 persen, insya Allah Minggu ini bisa dicairkan” ucap Hasmi. (##/Ndet)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top