Pj Wali Kota Asripan Nani Luncurkan Aplikasi SIAP TERTIB

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., secara resmi meluncurkan aplikasi inovatif bernama “SIAP TERTIB” pada acara yang digelar di Lapangan Olahraga Desa Kopandakan Satu, Jumat (10/11/2023). Acara peluncuran ini dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, para Asisten, serta pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

Aplikasi SIAP TERTIB, yang dikembangkan untuk memperbaiki sistem pelaporan terkait Keamanan, Ketertiban Umum, dan penanggulangan bencana kebakaran, diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih efisien kepada masyarakat.

“Peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Ketertiban dan Kebakaran oleh Bapak walikota Kotamobagu hari ini merupakan salah satu gagasan perubahan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat terkait dengan Layanan Keamanan, Ketertiban umum, dan pelindung masyarakat,” kata Kepala Dinas Sat Pol PP Kotamobagu, Sahaya Mokoginta S.STP., M.E.

Sahaya juga menekankan pentingnya aplikasi ini dalam memberikan solusi terhadap keadaan darurat. “Masyarakat dapat mendownload aplikasi SIAP TERTIB ini di Play Store. Apabila ada gangguan keamanan, trantibum, dan bencana kebakaran, maka dapat dilaporkan melalui aplikasi ini dengan cepat,” tambah Sahaya.

Dikatakannya, dengan aplikasi ini, proses pelaporan menjadi lebih efisien. “Aplikasi ini sangat memudahkan petugas. Ketika masyarakat memberikan laporan di tempat kejadian, maka otomatis laporan tersebut akan terkirim kepada tim pelaksana yang terdiri dari tim terpadu. Laporan yang disampaikan akan menunjukkan lokasi kejadian secara otomatis oleh Google Maps, sehingga tim pelaksana maupun tim terpadu akan sangat mudah melihat jalur dan lokasi tempat kejadian, baik gangguan keamanan maupun lokasi bencana kebakaran,” jelasnya.

Sahaya juga menyebut bahwa untuk kelancaran pelaksanaan penanganan laporan ini, Pemerintah Kota Kotamobagu telah membuat nota kesepahaman dengan instansi seperti Polres Kotamobagu, Kodim 1303, dan sub Denpom.

Sahaya mengajak masyarakat Kota Kotamobagu untuk mengunduh aplikasi SIAP TERTIB. “Jadi mari masyarakat Kotamobagu, silahkan buka Play Store dan cari aplikasi SIAP TERTIB, dan download untuk berjaga-jaga apabila ada kejadian emergency di sekitar kita,” pungkasnya. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.