Kotamobagu

Pemdes Moyag Tampoan Gelar Pelatihan Petani

TOPIKBMR.CO KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur menggelar pelatihan petani, bertempat di kantor Desa Moyag Tampoan, selama dua hari, Sabtu (30/11/2019) dan Minggu (1/12/2019).

Pelatihan petani ini, dibuka oleh Camat Kotamobagu Timur Drs Usmar Mamonto, dihadiri oleh Sangadi Moyag Tampoan Halidun Tunggil, Kadis Pertanian Pemkot Kotamobagu Muljadi Suratinodjo (Pemateri) , PD kabupaten, Dedi Martasen , serta petani di Desa Moyag Tampoan.

(Foto: Petani desa Moyag Tampoan Peserta Pelatihan )

Dalam sambutannya, Camat Kotamobagu Timur Drs Usmar Mamonto menyampaikan, pelatihan kepada petani sangat penting bagi petani. Karena pelatihan terhadap petani tidak hanya mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani.

Lebih dari itu, kegiatan pelatihan mempengaruhi sikap dan motivasi petani untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok tani. Bahkan mempraktikkan pengetahuan yang didapat saat menerima pelatihan.

(Foto : Kadis Pertanian Muljadi Suratinodjo saat memberikan materi)

Lanjutnya, pelatihan terhadap petani terbukti bisa meningkatkan pengetahuan, mempengaruhi sikap, dan memotivasi untuk berpartisipasi dalam kelompoknya. Kemudian menerapkan materi yang diperoleh di lapangan nanti.

Kepala Desa Moyag Tampoan Halidun Tunggil menambahkan, pelatihan pertanian adalah system pendidikan non formal bagi petani agar dapat bertani lebih baik, berusaha tani lebih menguntungkan, hidup lebih sejahtera, dan bermasyarakat lebih baik, serta menjaga kelestarian lingkungan.

( Foto : PD Kabupaten Dedy Martasen saat memberikan materi pelatihan)

Lanjutnya, pelatihan kepada petani agar petani dapat meningkatkan produktifitas hasil panen yang lebih baik lagi. Sebab, peran petani dalam pembangunan, dengan prioritas pembangunan dana desa di bidang pertanian, serta kiat kiat menjadi petani sukses, dengan menerapkan pola bertani modern.

” Semoga setelah dilakukannya pelatihan kepada petani. Dapat meningkatkan pola dan cara petani, dalam bertani, sehingga mampu mendongkrak hasil pertanian dan kesejahteraan petani, “harapnya. (###)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top