Kotamobagu

Sangadi Moyag Tampoan Serahkan Bantuan Alsintan

TOPIKBMR.CO KOTAMOBAGU – Kepala Desa (Sangadi) Moyag Tampoan Halidun Tunggil menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada ratusan petani Desa Moyag Tampoan, Minggu (1/12/2019) bertempat di balai Desa Tampoan.

Bantuan Alsintan tersebut dialokasikan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019. Penyerahannya dilakukan setelah pelatihan kepada petani Desa Moyag Tampoan, dengan pemateri Ramjan P Mokoginta Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Pemkot Kotamobagu.

Bantuan yang diserahkan diantaranya, Parang 100 buah, Cangkul 100 buah, 15 mesin potong rumput, untuk 15 kelompok tani, serta 25 tukang masing masing dua buah alat tukang sesuai kebutuhan.

” Saya berharap, kepada petani dan tukang yang telah menerima bantual alat alat pertanian dan tukang, agar dapat dimanfaatkan dengan baik alat tersebut, “ujar Halidun.

Menurutnya, peran Alsintan dalam pengembangan pertanian bukan sebatas proses budidaya dan pascapanen, tapi juga bagi upaya pengembangan proses hasil panen menjadi aneka produk pangan tambahan.

Lanjut Halidun, adanya Alsintan ini menjadi pemicu transformasi teknologi kepada petani menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan. Teknologi mekanisasi tersebut harus mencakup dari hulu sampai hilir sehingga tidak hanya meningkatkan produksi, akan tetapi kesejahteraan petani.

” Semoga dengan adanya bantuan Alsintan dan alat tukang, dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan tukang, “tandasnya. (Her)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top