Pemdes Moyag Tampoan gelar Evaluasi BUMDesa

0

TOPIKBMR,NEWS KOTAMOBAGU – Pemerintah desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur, menggelar Sosialisasi serta evaluasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), Minggu (17/10/2021), bertempat di aula Kantor desa Moyag Tampoan.

Dalam kegiatan sosialisasi serta evaluasi BUMDesa tersebut, Pemerintah desa Moyag Tampoan mengandeng pihak Dinas PMD Kotamobagu serta Pendamping Profesinal Desa, sebagai pemateri, dan dihadiri Sangadi Moyag Tampoan Halidun Tunggil S,Pd, pendamping desa diantaranya, Santi Mokoagow, Robianto Suid, Alim Paputungan, anggota BPD, penggurus BUMDesa, perangkat desa dan perwakilan masyarakat desa Moyag Tampoan.

Dikatakan Alim Paputungan, kali ini kita akan membahas tahap pertama yaitu, sosialisasi tentang BUMDesa. Inisiatif sosialisasi kepada masyarakat Desa dapat dilakukan oleh Pemerintah Desa, BPD, KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa), baik secara langsung maupun bekerjasama dengan pendampin desa.

Langkah sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat Desa dan kelembagaan Desa memahami tentang apa BUMDesa, tujuan pendirian BUM Desa, manfaat pendirian BUMDesa dan lain sebagainya. Keseluruhan para Pendamping maupun KPMD melakukan upaya inovatif-progresif dalam meyakinkan masyarakat bahwa BUM Desa akan memberikan manfaat kepada Desa.

“Hasil sosialisasi yang memuat pembelajaran dari BUMDesa dan kondisi internal-eksternal Desa dapat dibantu perumusannya oleh para Pendamping. Substansi sosialisasi selanjutnya menjadi rekomendasi pada pelaksanaan Musyawarah Desa yang mengagendakan kiat kedepan guna memajukan BUMDesa di desa Moyag Tampoan,”tandasnya.

Sementara itu, Sangadi Moyag Tampoan Halidun Tunggil S,Pd mengatakan, semoga dengan adanya sosialisasi dan evaluasi BUMDesa, akan memacu semangat penggurus BUMDesa di Moyag Tampoan, dalam memajukan BUMDesa Mitra Tampoan. (Ftn)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.