Kotamobagu

Pemdes Moyag Tampoan Ajak Warga Taat Membayar PBB dan Restribusi Sampah

Pemdes Moyag Tampoan Ajak Warga Taat Membayar PBB dan Restribusi Sampah

topikbmr.co KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur mengimbau kepada warga, untuk dapat berperan aktif dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta restribusi sampah.

Sekertaris Desa Alfian Golonda mengatakan, PBB dan restribusi sampah merupakan hak dan kewajiban warga untuk menyelesaikannya. Memang untuk PBB ada kenaikan, namun itu telah disesuaikan oleh Pemkot Kotamobagu dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Kotamobagu. 

“ Pemerintah Desa berharap, ada partisipasi aktif dari masyarakat khususnya di Desa Moyag Tampoan, untuk dapat membayar PBB. Selain itu, membayar restribusi sampah setiap bulan sebesar Rp 5000/ rumah tangga,”imbau Om Al sapaan akrab Sekdes Moyag Tampoan, Sabtu (11/5/2019).

 Ditambahkan, untuk proses pembayaran PBB dan restribusi sampah. Warga bisa langsung menghubungi kepala RT diwilayah masing masing, untuk menyelesaikan kewajiban PBB dan restribusi sampah.

 “ Bagi warga Desa Moyag Tampoan yang sudah menyelesaikan kewajiban membayar pajak PBB dan restribusi sampah. Pemerintah Desa memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kepedulian membayar pajak dan restribusi sampah,”kata Alfian.

Kepala Desa Moyag Tampoan Halidun Tunggil menambahkan, pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan dari pusat hingga ke daerah, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik secara materiil maupun spiritual. Nah, untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut, maka negara harus menggali sumber dana dari dalam negeri berupa pajak.

Lanjut Halidun, pajak adalah kontribusi wajib rakyat kepada negara yang terutang, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha. Pembayaran pajak merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

“Membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dan berperan serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional, hingga ke Desa yang kita cintai ini ,”tandasnya.

(Herdy Mokoagow)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top