Literasi Digital Untuk Investasi Pendidikan

0

Oleh : Alivia Indah Rizka Mamonto

Pendidikan melalui literasi digital adalah investasi mulia

Literasi digital begitu penting bagi investasi pendidikan. Dengan perkembangan teknologi saat ini, lebih memudahkan proses pendidikan, baik  dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Dengan berbagai potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah, sehingga timbul motivasi dalam mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar.

Literasi digital juga dapat megembangkan kopetensi kita dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi guna mendukung investasi pendidikan.

Salah satu contoh literasi digital yakni pada masa kegiatan belajar mengajar dalam jaringan (Daring) pada masa Pandemi Covid-19. Dimana tenaga pendidik maupun peserta didik diharuskan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat mengakses suatu kegiatan pendidikan.

Untuk itu, literasi digital sangat diperlukan dalam penggunaan teknologi, begitu juga pengaruhnya pada pendidikan. Sebab, “Pendidikan melalui literasi digital adalah investasi mulia”. Hal itu sebagaimana dikutip dari perkataan Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dra. Sri Wahyuningsih,M.Pd pada forum ‘Kiat Mengatasi Kejenuhan Ajar Mengajar selama PJJ di Masa Pandemi’ 4 Maret 2021 lalu.

Pun, hanya dengan teknologi serta digitalisasi, layanan pendidikan, transformasi informasi bisa dilakukan dengan cepat. Begitu juga efektivitas dan efisiensinya dalam mendapatkan sumber-sumber informasi yang kita perlukan. Sehingga “Pentingnya Literasi Digital Untuk Investasi Pendidikan” Dikarenakan penggunaan teknologi sangat berpengaruh bagi para pendidik dan peserta didik mulai dari tingkatan PAUD hingga perguruan tinggi.

Tak hanya itu, penerapan literasi digital ini dapat membantu masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi.  Pasalnya, dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital sangat berkaitan dengan kemampuan penggunanya. Baik penggunaan dalam menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif.

Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, “Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya,”. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa Literasi Digital sangat berpengaruh terhadap Investasi Pendidikan di Indonesia.

Dengan literasi digital, akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat terutama dalam bidang pendidikan. Sebagaimana yang dilansir dari karya Eti Sumiati dan Wijonarko, literasi digital telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Manfaat tersebut diantaranya: Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu,  meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi, menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca, meningkatkan kemampuan verbal individu, literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu dan menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.