Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Gelar Diklat bagi Kepsek dan Pengawas

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP serta pengawas Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu mendapat pendidikan dan pelatihan yang digelar Disdik Kotamobagu. Sebagaimana yang dikatakan Kepala Disdik Kotamobagu, Rukmi Simbala bahwa kegiatan diklat ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menjamin mutu pendidikan di Kotamobagu.

“Saat ini sedang berlangsung, karena sudah dibuka sejak agustus lalu. Intinya, kegiatan ini guna peningkatan mutu pendidikan, termasuk pendidikan bagi kepala sekolah di Kota Kotamobagu,” kata Rukmi.

Karena menurutnya, di tahun 2022 nanti, akan banyak kepala sekolah yang akan pensiun. Pun pada aturannya, setiap kepala sekolah yang menjabat wajib memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

“Sehingga, dengan adanya aturan tersebut, maka kami menganggarkan untuk kegiatan seperti ini,” ujar Rukmi.

Begitu pun halnya dengan calon pengawas (Cawas) lanjut Rukmi. Dimana saat ini, jumlah pengawas yang ada tidak seimbang dengan jumlah sekolah baik TK, SD maupun SMP yang tersebar di wilayah Kotamobagu.

“Seperti untuk pengawas SD saat ini tinggal 4 org sementara sekolah ada 69, demikian juga dengan TK ada 51 lembaga sementara pengawasnya hanya 2 orang. Nah, alasan inilah yang menjadi pertimbangan kami untuk menyelenggaraan diklat berjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulut dan LP2KS Pusat,” terangnya.

Rukmi juga menambahkan, bahwa sistem pelaksanaan diklat ini digelar secara On-Off. “Ketika off orientasinya di sekolah masing-masing,” imbuhnya.

“Adapun syarat kepesertaan calon Kepsek ini harus golongan III/C usia dibawah 55 tahun, begitupun untuk pengawas,” sambungnya lagi.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.