Kotamobagu

Disdik Kotamobagu Luncurkan Aplikasi Ruang Murid untuk KBM Secara Daring

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Untuk mempermudah proses pembelajaran dalam jaringan (Daring) bagi siswa dan guru SD dan SMP di Kota Kotamobagu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu meluncurkan aplikasi ruang murid untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) secara digital.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan Sekretaris Disdik Kotamobagu, Rastono Sumardi, Senin (23/8/2021).

“Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah siswa dan juga orang tua dalam menjalankan pembelajaran di rumah ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Tentunya aplikasi ini sangat penting dalam pemelajara secara daring oleh guru atau siswa secara mandiri,” pungkas Rastono.

Lanjutnya, aplikasi Ruang Murid ini dapat mengumpulkan video pembelajaran, Buku Sekolah Elektronik (BSE), video pengembangan seni lewat lagu-lagu daerah dan nasional yang telah disediakan.

Pun, rencananya aplikasi ini pada pertengahan September sudah siap dan lengkap untuk digunakan. Selain itu, pembelajaran digital akan menjadi bahan orang tua siswa dalam mendampingi anak-anak saat belajar di rumah.

“Ke depan akan dikembangkan setiap karya guru SD dan SMP di Kotamobagu di aplikasi ini, dan nantinya akan disiapkan ruang studio pembelajaran oleh dinas untuk para guru membuat video pembelajaran sendiri,” katanya.

Untuk login ke aplikasi tersebut, siswa bisa menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sedangkan bagi guru bisa mengakses dengan menggunakan email.

“Saat ini, aplikasi Ruang Murid masih dalam pengisian materi, dan untuk login saat ini bisa didaftar secara massal oleh operator sekolah. Pentingnya login ini, agar kami bisa mengukur sejauh mana aplikasi dimanfaatkan oleh siswa dan guru-guru, serta sekolah juga mengetahui berapa banyak guru dan siswa yang menggunakan aplikasi ini,” katanya.

Ia juga berharap agar aplikasi ini dapat meningkatkan kualitas belajar secara daring di masa pandemi Covid-19 saat ini. “Diharapkan melalui aplikasi ini, Disdik menyiapkan sumber belajar secara digital bagi siswa, guru dan orang tua untuk dapat meningkatkan proses belajar secara daring, dan akan memudahkan siswa, guru dan orang tua dalam proses pembelajaran,” katanya.

Aplikasi Ruang Murid ini bisa diakses dengan menggunakan handphone (HP) Android atau menggunakan komputer dan laptop. “Saat ini, aplikasi ini baru bisa diakses berbasis web, belum bisa melalui Play Store, semoga ke depan akan dikembangkan,” tutupnya.

(Tri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top