Lifestyle

Lebih Dekat Dengan Masyarakat,  PLN UP3 Kotamobagu Sosialisasikan Manfaat dan Bahaya Listrik

TOPIKBMR. COM KOTAMOBAGU – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kotamobagu mengelar sosialisasi manfaat dan bahaya listrik serta lingkungan pada masyarakat kelurahan Genggulang Kecamatan Kotamobagu Utara, di kantor kelurahan Genggulang, Kamis (14/04/19).

Sosialisasi yang diikuti kurang lebih 30 warga, kegiatan tersebut menuai banyak pertanyaan dari warga tentang manfaaat dan bahaya listrik. Namun satu persatu pertanyaan pun bisa terjawab oleh pihak PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kotamobagu.

Dalam sosialisasi tersebut, Denny Tereima, selaku Pejabat Pelaksana K3 dan Lingkungan, didampingi Seluruh Pejabat Pelaksana K3L yang berasal dari seluruh Unit Layanan Pelanggan di bawah PLN UP3 Kotamobagu, memaparkan tentang manfaat dan bahaya listrik, listrik bisa jadi teman dan lawan.

“Aluran listrik sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat. Namun di balik itu ada potensi berbahaya jika kita tidak peduli, karena jika terjadi konselting listrik dan menyebabkan kebakaran,” katanya.
Selain itu bahaya bermain layang-layang di dekat SUTT 150.000 volt dan SUTM 20.000 volt, hindari bermain layang-layang didekat SUTT 150 kV dan SUTM 20 kV, karena dapat mengakibatkan kematian bagi yang bermain layang-layang. “Agar aman, disarankan bermain layang-layang di tanah lapang,” ungkap Denny.

Lanjutnya, bangunan dan tumbuhan ketinggiannya tidak boleh melewati ruang bebas 2,5 meter untuk SUTM, hindari memangkas atau memotong pohon di dekat SUTT 150 kV dan SUTM 20 kV, apabila akan memangkas/memotong pohon agar menghubungi kantor PLN terdekat, karena apabila mengenai jaringan SUTT 150 kV dan SUTM 20 kV dapat mengakibatkan pasokan listrik yang ada diwilayah kerja PLN UP3 Kotamobagu terganggu dan dapat mengakibatkan kecelakaan akibat tersengat listrik.

Dalam acara sosialisasi ini juga, diberikan bingkisan secara langsung oleh pihak PT PLN (Persero) UP3 Kotamobagu berupa tumbler dan goodie bag secara simbolis kepada Ibu Lurah Genggulang. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian PLN terhadap sampah plastik yang hingga sekarang menjadi permasalahan di seluruh dunia.

“Dengan menggunakan tumbler dan goodie bag kita bisa meminimalisir penggunaan plastik apabila kita akan pergi belanja bahkan membiasakan warga untuk membawa air minum sendiri” tambah Denny yang peduli dengan lingkungan.

(Foto/Caption: PLN UP3 Kotamobagu Goes To Schooll, di SDN 2 Biga Kotamobagu) 

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari PT PLN (Persero) UP3 Kotamobagu yang memperhatikan faktor keselamatan Kerja, Keselamatan Umum, Keselamatan Lingkungan, Dan Keselamatan Instalasi yang ada.

“Kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian PT PLN (Persero) UP3 Kotamobagu ke masyarakat khususnya masyakarat yang ada di Kelurahan Genggulang, tentang manfaat dan bahaya listrik dan jangan disalahgunakan karena bisa membahayakan keselamatan kita bersama,” tambah Meyrina Turambi selaku Manager PLN UP3 Kotamobagu.

Sementara itu,  Lurah Genggulang Tety Olivia Mokoginta, SE, mengatakan sangat berterima kasih dengan pihak PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kotamobagu. “Tentunnya sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi warga kami, dan tentu untuk mengajarkan masyarakat cara yang baik dan benar menggunakan listrik dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, serta bahaya listrik yang ada disekitar kita,” ungkapnya. (Herdy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top