Kesbangpol Kotamobagu Gelar Simulasi Penggunaan Aplikasi Smart Real Count kepada 326 Relawan

0

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – 326 relawan yang direkrut Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu, mengikuti simulasi dan pelatihan terkait tata cara penginputan data hasil perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019 di aplikasi Smart Real Count milik Pemkot Kotamobagu.

Kegiatan simulasi dan pelatihan tersebut, dilaksanakan di Kantor Kesbangpol Kotamobagu, Senin (15/4/2019), dengan pemateri dari tenaga ahli dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Simulasi hanya dilaksanakan hari ini dengan dimulai dari relawan Dapil 1 pada pagi tadi. Kemudian Dapil 2 pada siang hari dan Dapil 3 sorenya. Jadi 326 relawan ini akan bertugas di 326 TPS di Kotamobagu, dan mereka adalah tim pendukung desk Pilpres dan Pileg 2019,” kata Sekretaris Badan Kesbangpol Kotamobagu, Hendra Makalalag.

Dirinya menjelaskan, simulasi dan pelatihan penggunaan aplikasi smart real count ini, dalam rangka pelaporan hasil perhitungan suara Pilpres, Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota.

“Saya berharap dilaksanakannya simulasi ini agar personil dan relawan yang ditugaskan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), tidak kesulitan dalam melaporkan hasil perhitungan suara. Sehingga data yang diinput dipusat data real count Kesbangpol, valid adanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara e-Government, Diskominfo Kotamobagu, Kenny Kinontoa, menerangkan aplikasi smart real count ini, akan memberikan petunjuk teknis tentang perhitungan suara secara akurat dan cepat.

“Aplikasi ini akan memberi petunjuk teknis tentang perhitungan suara. Cara kerjanya yakni data dari relawan diinput kemudian dengan cepat akan terekap,” ujar Kinontoa.

Dikatakannya, aplikasi tersebut telah siap digunakan. Yang sebelumnya sudah melewati tahap uji coba.

“Dengan aplikasi ini nantinya dapat membantu Kesbangpol dan Pemkot dalam hal memantau pemilu yakni hasil perhitungan suara. Nantinya hasil tersebut sebagai data Pemkot,” pungkasnya.

(Gufran)

Leave A Reply

Your email address will not be published.