Gubernur Olly Serahkan 1.234 Sertipikat PTSL Program Jokowi Kepada Warga BMR

0

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menghadiri sekaligus menyerahkan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat, yang digagas Badan Pertanahan Nasional RI melalui Kantor Pertanahan Wilayah Kotamobagu, Selasa (19/3/2019), di gedung Sitti Barokah, kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Usai menyerahkan sertipikat tanah secara simbolis kepada 12 perwakilan warga, Kotamobagu, Bolmong dan Boltim, Gubernur Sulut, dalam sambutannya mengatakan, program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Badan Pertanahan Nasional RI, merupakan suatu program dari pemerintah pusat yang sudah dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara.

“Target PTSL untuk tahun 2022 bahwa semua wilayah yang ada di provinsi Sulawesi Utara 80 persen sudah memiliki sertipikat. Artinya 80 persen di wilayah daratan dan yang belum lengkap 20 persen itu ada di kepulauan. Ini menjadi suatu kebanggan bagi kita karena nanti tidak ada lagi sengketa-sengketa tanah, karena kepemilikan tanah sudah terdata dengan baik sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari aset yang dimiliki,” ujar Gubernur.

Lebih lanjut dikatakan Gubernur, apa yang sudah dilaporkan oleh kepala Kantor BPN Wilayah Sulut bahwa di Bolaang Mongondow Raya targetnya sampai tahun 2022 akan tercapai, karena ini menjadi tanggung jawab moral.

“Selama 4 tahun pelaksanaan program PTSL, Kementerian Agraria sudah membagikan 11,4 juta sertipikat tanah kepada masyarakat, dengan rincian tahun 2015 sebanyak 19.000, tahun 2016; 1,1 juta, tahun 2017; 5,4 juta, dan tahun 2018 sampai dengan desember 3,4 juta sertipikat,”.

“Ini bukti nyata pemerintahan dari bapak Presiden Jokowi dan bapak wakil presiden Jusuf Kalla terhadap perhatian langsung kepada masyarakat dari sabang sampai merauke. Tentunya hal-hal seperti ini perlu kita suport penuh dan saya mengajak kepada pemerintah kabupaten/kota untuk mendorong program ini agar pada tahun 2022 seluruh sertipikat sudah selesai diberikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Wilayah Sulut, Fredy Kolintama, dalam laporannya menyampaikan, pihaknya mendapat perintah dari gubernur Sulut untuk mempersiapkan penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat di Kotamobagu.

“Jumlah sertipikat yang diserahkan hari ini sebanyak 1.243 bidang tanah, terdiri dari Kotamobagu, Bolmong dan Boltim. Khusus daerah Bolsel dan Bolmut akan diselenggarakan secara terpisah,” ujar Kolintama.

Sementara itu untuk tahun 2018, lanjut Kolintama, target PTSL sebanyak 12.132 bidang tanah, dan yang terealisasi berjumlah 11.992 atau 98,84 persen.

“Di tahun 2019 ini target PTSL di BMR yakni Kotamobagu 3.000, Bolmong 8.000, Boltim 5.250, Bolsel 5.250 dan Bolmut 3.500, dengan total keseluruhan 25 ribu,” tuturnya.

Ditambahkannya, program PTSL boleh berjalan karena kerjasama baik antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, karena sesuai permintaan presiden seluruh bidang tanah pada tahun 2024 sudah terpetakan semua.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama dengan kementerian agraria dan tata ruang dalam mensukseskan program PTSL ini,” pungkasnya.

(Gufran)

Leave A Reply

Your email address will not be published.