Dimulai Kemarin, Nakes RSUD Kotamobagu Disuntik Vaksin

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU — Sejak Rabu (3/2/2021) kemarin, tenaga kesehatan (Nakes) yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, telah menjalani vaksinasi.

Gunawan Ijom, selaku Humas RSUD Kota Kotamobagu mengatakan, pelaksanaan vaksin kepada nakes di RSUD sudah dilaksanakan selama dua hari sejak kemarin.

“Pelaksanaan vaksinasi sudah sejak kemarin. Pertama sebanyak 20 nakes yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lainnya sudah disuntik vaksin,” kata Gunawan saat dikonfirmasi TopikBMR.news, Kamis (4/2/2021).

Dikatakannya, total nakes di RSUD Kotamobagu yang akan disuntik vaksin berjumlah 200 orang. “Yang disediakan rencana 200, Namun, jika lebih maka pihak Dinkes akan menyediakan lagi vaksin,” ujar Gunawan.

Lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi di RSUD akan disesuaikan. “Pelaksanaan disesuaikan dengan keadaan. Karena ada beberapa nakes yang kondisinya belum fit,” pungkas Gunawan.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, dr Tanty Korompot ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk proses vaksinasi, setiap nakes yang akan disuntik harus melakukan screening terlebih dahulu apakah bisa disuntik atau tidak. “Jadi untuk nakes yang lolos screening langsung divaksin,” ungkap dr Tanty.

Karena menurutnya, screening yang dilakukan sangat penting bagi yang akan disuntik vaksin. “Screening ini harus benar-benar diperhatikan karena ini untuk memastikan fisik dari penerima vaksin. Jadi, kita akan betul-betul melakukan check up awal agar tidak terjadi kesalahan,” jelas dr Tanty.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.