Delapan Persen Dandes 2021 Untuk Penanganan Covid-19

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Penanganan Covid-19 di Kotamobagu ternyata menjadi fokus Pemerintah Kota (Pemkot). Pun, pada penggunaan Dana Desa (Dandes) tahun 2021 ini, delapan persen difokuskan untuk penanganan virus corona.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Usmar Mamonto. Menurut Usmar, refocusing anggaran untuk kepentingan penanganan covid-19 ini, mengacu pada Peraturan Menteri Desa (Permendesa) PDTT 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 tetap mengutamakan kesehatan masyarakat desa dan perbaikan kondisi ekonomi desa.

“Untuk membahas penggunaan dana desa dalam penanganan covid-19, kami akan mengundang 15 kepala desa untuk penyampaian Permendesa PDTT 13 Tahun 2020, yakni delapan persen untuk covid-19 dan lainnya untuk pemberdayaan masyarakat,” kata Usmar.

Dirinya juga menyebutkan, untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat akan diprioritaskan terutama pada program padat karya tunai desa.

“Contoh masyarakat yang sangat terdampak covid-19 seperti, masyatakat miskin yang termarjinalkan. Maka kita prioritaskan mereka untuk diberdayakan dalam pekerjaan dengan tidak mengejar hasil kerja namun lebih ke kemanusiaan. Seperti pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah serta pendapatan,” terangnya.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.