Wali Kota Tatong Bara Terima Kunjungan Pangdam XIII/Merdeka

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, menyambut dengan hangat kunjungan kerja Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko SIP MM, dan Ketua Persit KCK PD XIII/Merdeka, Ny Nonny Legowo W.R. Jatmiko, beserta rombongan, bertempat di rumah dinas wali kota, Selasa (19/9/2023).

Rombongan yang turut dalam kunjungan ini, Danrem 131/Santiago, Brigjend TNI Wakhyono S.Sos, dan sejumlah pejabat utama Kodam XIII/Merdeka serta Korem 131/Santiago.

Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Legowo Jatmiko, mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dengan Pemerintah Daerah dan meninjau kegiatan latihan menembak di Batalyon Armed di Lolak yang berlangsung mulai 18 hingga 22 September 2023.

“Latihan menembak ini dilaksanakan di Batalyon Armed Lolak. Kami juga melihat bahwa situasi keamanan di wilayah Bolaang Mongondow Raya sangat kondusif berkat sinergitas Forkopimda serta dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan seluruh masyarakat di lima daerah di BMR,” kata Mayjen TNI Legowo Jatmiko kepada awak media.

Dalam konteks menghadapi Pemilu 2024, Pangdam XIII/Merdeka menegaskan bahwa TNI harus tetap netral dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis. Ia mengingatkan seluruh anggota TNI untuk menjaga netralitas agar tidak terjadi politisasi yang dapat merugikan institusi.

“TNI itu netral, tidak memihak siapa pun, tidak boleh mempengaruhi, dan lain sebagainya. Saya perlu datang ke sini karena waktunya sudah dekat. Jangan sampai nanti di politisir karena TNI sekarang ini rating tertinggi, nah kalau tertinggi biasanya banyak yang ingin menjatuhkan,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam menggarisbawahi pentingnya situasi kamtibmas yang kondusif bagi pembangunan.

“Pembangunan itu berkelanjutan, kalau situasinya aman pembangunan itu lancar. Tapi kalau situasi tidak kondusif pembangunan itu seret atau lambat,” tambahnya.

Pangdam juga mengajak seluruh jajaran TNI untuk mengangkat budaya dan kearifan lokal.

“Kearifan lokal itu harus diangkat. Saya selaku Pangdam mengajak bahwa kata pepatah dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Kearifan lokal dijunjung karena itu budaya nenek moyang kita. Sebab budaya itu mencerminkan kepribadian masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pangdam XIII/Merdeka beserta rombongan ke Kota Kotamobagu. Ia menyambut baik sinergi antara Pemerintah Daerah dan TNI dalam menjaga keamanan dan mendukung pembangunan di wilayah Bolaang Mongondow Raya.

“Kehadiran Pangdam disini menjadi berkah buat kita dan masyarakat Bolmong Raya. Kehadiran beliau disini juga untuk memastikan situasi keamanan di wilayah Kodam XIII/Merdeka,” kata Wali Kota.

Wali Kota juga menekankan pentingnya dukungan dari seluruh komponen masyarakat dan media masa dalam mendukung tugas Pangdam XIII/Merdeka. Ia juga menyebut kunjungan Pangdam di Kota Kotamobagu sebagai kado terindah di akhir masa jabatan sebagai Wali Kota Kotamobagu.

“Dengan tugas-tugas Pangdam yang luas, keberadaan kita mulai dari masyarakat dan seluruh komponen yang ada tanpa terkecuali termasuk media, harus mendukung tugas Pangdam XIII/Merda agar berjalan dengan baik,” ujar Wali Kota.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kajari Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar, Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf Topan Angker, Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, Wakil Bupati Bolmut, Amin Lasena, Mewakili Bupati Boltim, Asisten I Hendra Tangel, mewakili Bupati Bolsel, Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta, para Asisten serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Kotamobagu. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.