Wali Kota Asripan Nani Buka Bimtek Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Asripan Asripan Nani M.Si, secara resmi membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City Kotamobagu.

Kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu ini berlangsung di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu, Senin, 16 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Asripan Nani menyampaikan pentingnya Bimtek ini sebagai langkah menuju perencanaan strategis Kota Kotamobagu di masa depan.

“Dokumen ini sangat penting untuk perumusan nanti, karena tanpa roadmap kita hanya bisa meraih-raih. Olehnya, terima kasih untuk Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo yang sudah memprakarsai kegiatan. Hal ini sesuatu yang wajib bagi kita bersama guna merumuskan Kotamobagu sebagai kota apa untuk ke depan,” ujarnya.

Asripan juga mengidentifikasi dua sektor utama yang perlu dikembangkan dalam Masterplan Kota Cerdas, yaitu pendidikan dan kesehatan. Ia menekankan bahwa transformasi menjadi smart city adalah hal penting, dan berharap agar ada jargon atau akronim yang mencerminkan identitas Kota Kotamobagu sebagai kota cerdas.

Dalam konteks ini, Asripan mengingatkan tentang berbagai variabel yang harus dipersiapkan, termasuk anggaran, sumber daya manusia, infrastruktur, peraturan daerah, dan regulasi.

Ia berharap Bappelitbangda dapat membentuk tim kecil untuk merumuskan rencana aksi yang jelas. Selain itu, ia menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai lokal dalam proses perencanaan, seperti makanan, budaya, dan sektor lainnya.

Acara Bimtek ini juga dihadiri oleh narasumber dari Kementerian Kominfo RI, Dr. Mila Karmila ST MT, Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan Massinae, pimpinan OPD, camat, lurah/kades, serta peserta perwakilan dari masing-masing OPD di lingkup Pemkot Kotamobagu. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.