Kotamobagu

TP-PKK Desa Moyag Tampoan Giat Pendidikan Keluarga

TOPIKBMR.CO KOTAMOBAGU – TP-PKK Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur menggelar kegiatan pembinaan PKK, bertempat di aula Kantor Desa Moyag Tampoan, Selasa (3/12/2019).

Dengan Tema ‘Pendidikan Keluarga’, kegiatan tersebut hadiri oleh Ketua TP-PKK Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta ST,ME, Camat Kotamobagu Timur Drs Usmar Mamonto, Sangadi Moyag Tampoan Halidun Tunggil, Ketua TP-PKK Kecamatan Kotamobagu Timur Dra Uhila Sandol, Ketua TP-PKK Desa Moyag Tampoan Hj Maidja Hulinggi serta ratusan kader PKK Desa Moyag Tampoan.

 

Ketua TP-PKK Moyag Tampoan Hj Maidja Hulinggi mengatakan pendidikan keluarga penting disampaikan. Bahkan di zaman ini menjadi sangat penting diketahui.

Faktor perkembangan teknologi yang sangat cepat saat ini menjadi alasannya. Namun orang tua masih banyak yang gagap menghadapi perkembangan teknologi.

Hal yang mengkhwatirkan adalah serangan Media Sosial/Medsos begitu aktif. Tidak hanya terhadap anak, Medsos juga berdampak terhadap orang tua. Apabila hal tersebut tidak disikapi dapat menjadi ancaman bagi keutuhan keluarga dan masayarakat.

Olehnya, meminta para orang tua dapat memberikan keteladanan bagi putra-putrinya. Memberikan contoh yang baik wajib diberikan orang tua kepada buah hatinya. Dan tidak kalah pentingnya adalah kasih sayang yang wajib diberikan.

Menurutnya, rumah adalah sekolah pertama bagi anak. Orang tua sendiri adalah pendidik pertama dan utama bagi kehidupan anak-anaknya. Tumbuh kembang anak salah satunya dipengaruhi oleh suasana rumah yang kondusif.

“Orang tua punya kewajiban memberikan keteladanan, kemandirian dan kreativitas kepada anak,”ucapnya.

Ditambahkan, TP-PKK mempunyai 10 program pokok. 10 program pokok PKK tersebut memiliki berbagai program unggulan. Salah satunya program peningkatan pengetahuan sikap dan keterampilan keluarga yang penuh cinta dan kasih sayang. Program tersebut dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter keluarga.

“Tak hanya menyasar keluarga, tetapi PKK juga menyasar anak muda yang segera menikah atau calon orang tua,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta ST, ME menyampaikan ada delapan fungsi keluarga. Diantaranya fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, ekonomi lingkungan, reproduksi, sosialisasi dan fungsi pendidikan. Karakter anak dibentuk oleh orang tuanya sendiri. Oleh karenanya anak merupakan cermin dari orangtuanya.

Untuk itu, mari kita mengembalikan fungsi keluarga, tidak hanya menjadi rumah tetapi juga menjadi istana kenyamanan.

Lanjutnya, orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama. Disebutkan begitu karena pendidikan anak dimulai pada seribu hari pertama kehidupan.

Sejak janin berada di dalam kandungan sudah didik dan diasuh. Sedangkan sekolah adalah yang kedua. Semua berangkat dari keluarga, sekolah melengkapi, mendukung, memperkuat pendidikannya. (###)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top