Tim Akreditas Kemenkes RI Akan Nilai Tiga Puskesmas Boltim 

0

topikbmr.co,BOLTIM- Tiga puskesmas Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan dinilai Tim akreditas dari Kementrian Kesehatan.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boltim Eko Marsidi, tahun ini ada tiga Puskesmas akan dinilai tim dari Kementrian Kesehatan.

“Tiga Puskesmas itu yakni Puskesmas Modayag Barat, Puskesmas Moat dan Puskesmas Buyat. Tiga Puskesmas itu nantinya akan dinilai oleh tim dari Kementrian Kesehatan apakah masuk akreditas atau tidak,” kata Eko.

Menurutnya, penilaian itu guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyrakat, termasuk pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian kesesuaian proses dengan standar yang berlaku.

“Syarat untuk mendapatkan akreditas, Puskesmas harus meningkatkan pelayanan di bidang administrasi dan manajemen, usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat”

Sebelumnya lanjut Eko, sudah ada Empat Puskesmas yang di Boltim telah mendapatkan akreditas.

“Sebelumnya sudah ada empat puskesmas yakni, Puskesmas Tutuyan, Modayag, Nuagan dan Puskesmas Kotabunan. Namun untuk Puskesmas Tutuyan mendapat akreditas Madya, sedangkan tiga Puskesmas lainya akreditas dasar,” ujarnya.

Eko menambahkan, walaupun Puskesmas Tutuyan tergolong Puskesmas pedesaan non rawat inap, namun terus berupaya akan meningkatkan mutu pelayanan seusai standar Puskesmas rawat inap.

“langkah persiapan menuju akreditasi Puskesmas sebenarnya sudah dilakukan Dinkes Boltim bersama Puskesmas lainnya. manfaat akreditasi adalah memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat dan menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi pasien dan masyarakat,” ungkapnya.

“Akreditasi Puskesmas sangat penting sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan.Jika mampu memberikan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan, maka semuanya akan berjalan dengan baik. Kalau kepercayaan masyarakat meningkat, pasti partisipasi terhadap bidang kesehatan juga akan meningkat,” jelasnya. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.