Boltim

Percepat Pembangunan, Desa Bongkudai Tuntaskan RPJMDes dan RKPDes 2019

TOPIKBMR. COM BOLTIM – Sebagai upaya percepatan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang dituangkan kedalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Desa Bongkudai Kecamatan Modayag Barat,Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, telah menyelesaikan dokumen RPJMDes dan RKPDes sejak dua pekan lalu, dengan melibatkan tim perumus hasil kesepakatan Desa.

Dokumen RKPDes sudah rampung namun ada beberapa kegiatan akan bertambah. “rencanaanya untuk RKPDes secepatnya akan dilakukan pencermatan kembali bersama dengan BPD,ini sudah saya koordinasikan dengan kepala bidang pemberdayaan kabupaten Bolaang Mongondow timur Fitra Damopolii S.ip ” terang Sekertaris Desa Vicro Lamusu SE,  Senin,(18/02/2019) di kantor Desa.

Sementara itu,  Taslim Mamonto selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) di Kecamatan Modayag Barat menjelaskan, untuk pencermatan  RKPDes tersebut harus sesuai dengan yang termuat dalam dokumen RPJMDes sebelumnya. Karena untuk kegiatan yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) harus mengacu pada dokumen RPJMDes sesuai dengan Permendagri nomor 114 tentang proses perencanaan desa.

“Agar setiap kegiatan yang ada didesa sesuai dengan proses yang ada, dan tetap mengacu pada aturan yang berlaku,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa sebagai pendamping desa dirinya wajib terlibat dalam kegiatan yang ada didesa baik mulai dari proses perencanaan hingga pada tahap pelaksanaanya nanti, agar program dari kementerian desa tersebut tepat sasaran,hal tersebut diatur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang tugas pokok pendampingan.

” Insya allah dalam waktu dekat, dokumen yang ada di desa akan selesai, ini merupakan tanggung jawab kami dalam melaksanakan kegiatan pendampingan,apalagi dana desa pekan ini akan masuk di RKUD (Rekening Kas Umum Daerah) dimana persyaratan untuk penarikan dana desa oleh desa harus melengkapi dokumen yang di syaratkan oleh daerah antara lain; perdes tentang RKPDes,Perdes tentang APBDes dan PERKADes tentang penjabaran APBDes” pungkasnya. (Gery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top