Terapkan e-Tilang, Polda Sulut Kerjasama dengan Pemkot

0

TOPIK KOTAMOBAGU – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol, Remigius Sigid Trihardjanto, SIK MSi, disela-sela kunjungannya di Kota Kotamobagu menyempatkan mengunjungi ruangan Data Center di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Rabu (16/1/2019).

“Kunjungan bapak Kapolda selain meninjau data center juga melakukan komunikasi dengan kami untuk bekerjasama dalam penerapan e-tilang,” kata Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar.

Lanjut Yani, untuk Kota Manado kata Kapolda, sementara dalam percobaan, dan kelebihan kita di Kotamobagu sudah memiliki cctv analitik atau deteksi wajah.

“Kendala kita tadi telah disampaikan ibu walikota bahwa sudah menyurat ke Kemendagri untuk kerjasama identitas penduduk,” ujarnya.

Ditambahkannya, nanti dalam kerjasama penerapan e-tilang akan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polres Kotamobagu.

“Jadi tinggal menunggu MoU termasuk analisis sonar yaitu ujaran kebencian melalui media sosial. Ini nantinya akan menunjang pihak Polres Kotamobagu dalam tahapan penyidikan. Ketika kita dimintai tentang penyalahgunaan medsos, antara lain ujaran kebencian, Sara, kita siap dan punya alat disini serta tim ahli,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, usai melakukan kunjungan kerja di Polres Kotamobagu, Kapolda Sulut juga melakukan kunjungan di Kantor KPU terkait kesiapan logistik jelang Pemilu Serentak. Kemudian meninjau ruangan Data Center Diskominfo Kotamobagu. (Gufran)

Leave A Reply

Your email address will not be published.