Tekan Pertumbuhan Penduduk, Program Ini Yang Dilakukan Dinas PP-KB Kotamobagu

0

TopikBMR.Com

KOTAMOBAGU – Tahun 2019 ini, Dinas PP dan KB Pemkot Kotamobagu menargetkan sejumlah program guna menekan lajunya angka pertumbuhan penduduk.

Kepala Dinas PP dan KB Aljufri Ngadu mengatakan, diawal tahun ini, pihaknya  melakukan program pendataan Mikro Keluarga.

“ Kita akan mendata keluarga per- KK. Misalnya, kepesertaan KB, dan data data penting lain seperti, kepemilikan WC, sumber air minum, sambungan listrik, IMB rumah serta pendukung lain yang dianggap perlu,”ujar Ngadu, Senin (4/2/2019).

Mantan Kabag Humas Pemkot Kotamobagu ini menambahkan, disamping itu pelayanan KB tetap di jalankan baik di fasilitas kesehatan diantaranya, Rumas Sakit, Puskesmas, Pustu, Klinik maupun pelayanan KB Mobile.

“ Untuk pelayanan KB Mobile, kita akan jadwalkan bergilir di empat Kecamatan. Selanjutnya, untuk peserta KB yang ada di 33 Desa/Kelurahan akan dijemput langsung dengan mobil Bus operasional,” jelasnya.

Selain itu, untuk menekan Angka Kelahiran (TFR). Pihaknya juga akan menyiapkan program lain terkait pembinaan remaja dalam rangka pendewasaan usia perkawinan dan kesehatan reproduksi.

“ Kita juga ada program pembinaan UPPKS untuk  usaha usaha kecil di Kotamobagu,”tandasnya. (Herdy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.