Kotamobagu

Tatong Suport Keterwakilan Perempuan di Kancah Politik

topikbmr.co, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu menggelar kegiatan Pembinaan Wawasan Politik Bagi Perempuan, bertempat diAula Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (27/02/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ir Tatong Bara – Nayodo Koerniawan, Ketua Bawaslu Kotamobagu Musly Mokoginta, ketua KPU Kotamobagu Himawan Manoppo, serta 106 Calon Anggota Legislatif (Caleg) perempuan se-Kotamobagu, organisasi perempuan, Pimpinan SKPD, serta narasumber kegiatan, Ketua KPU Kotamobagu dan Bawaslu Kotamobagu.

Dalam sambutannya Tatong mengatakan, setiap perempuan harus mampu tampil sebagai perwakilan rakyat.

“Berdasarkan undang-undang, keterwakilan perempuan di parlemen harus capai 30 persen kuota. Ini yang kita harus dorong, agar perempuan di Indonesia khususnya di Kotamobagu mampu tampil sebagai perwakilan rakyat pada Pemilu 2019 ini,” kata Wali Kota.

Ia menjelaskan, Pemkot merespon tentang kuota 30 persen keterwakilan perempuan sebagai kesetaraan gender di dunia politik.

“Mutlak dilakukan. Kita dorong perempuan masuk.pada lini lembaga perwakilan rakyat. Akankan Indonesia bisa mengakomodir menuju di angka itu sesuai sensus Dunia yakni 50 persen? Itu tantangan bagi kita,” kata Wali Kota.

Lanjutnya di Kotamobagu tidak ada sekat yang menghalangi setiap perempuan dalam berkiprah. Baik dari sisi kultur maupun budaya.

“Perempuan Kotamobagu saya yakin mampu dan bisa. Saya optimis bisa capai dari total ini. Ini bagian dari kesetaraan gender,” kata Wali Kota.

Wali Kota pun berpesan, keterwakilan perempuan di parlemen harus benar-benar membawa dampak positif dan manfaat bagi masyarakat.

“Perjuangan anggaran perempuan pun memiliiki andil besar. Kita harus termotivasi secara kuat. Kedepan komitmen kita bersama bisa meraih capaian itu dan harus mampu memberi sesuatu yang bisa dirasa oleh masyarakat,” pungkasnya. (Guf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top