Tatong Bara Buka Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplan Smart City Kotamobagu

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, membuka dengan resmi kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) tahap satu Penyusunan Masterplan Smart City Kota Kotamobagu. Acara ini berlangsung di Aula Rumah Dinas (Rudis) Walikota Kotamobagu, Senin 3 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tatong Bara menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada tim ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan bimbingan teknis tahap pertama penyusunan masterplan Smart City di Kota Kotamobagu.

“Masterplan atau rencana induk kota cerdas merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan kota cerdas yang memuat inisiatif-inisiatif program beserta peta jalan yang disusun berdasarkan permasalahan yang muncul untuk memberikan solusi yang secara umum,” ungkapnya.

Tatong menjelaskan bahwa masterplan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan perekonomian, serta memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup dengan pendekatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pemberdayaan potensi daerah, dan pendekatan pemberdayaan sumber daya manusia yang berkesinambungan.

“Dengan adanya masterplan, kita dapat memastikan proses transformasi menuju konsep kota cerdas dapat berjalan baik pada tahap perencanaan, implementasi, maupun monitoring dan evaluasi. Dokumen ini akan mencerminkan karakter dan kebutuhan spesifik daerah, serta menjadi panduan yang tepat sasaran dan tepat guna, berkesinambungan dalam menjaga keseimbangan antara kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan,” jelasnya.

Tatong Bara juga menjelaskan bahwa kegiatan bimbingan teknis penyusunan masterplan smart city merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah dengan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada tahun sebelumnya. Pencalonan Kota Kotamobagu sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih untuk program gerakan menuju Smart City Tahun 2023 telah menjalani proses penilaian yang ketat dan komprehensif.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf. Topan Angker S.Sos., perwakilan Kapolres Kotamobagu, Kajari Kotamobagu, Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta SH., Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nasli Paputungan, Kepala Diskominfo Kotamobagu, Fahri Damopolii, S.Kom., serta sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Kotamobagu.

Dengan dimulainya tahap penyusunan masterplan Smart City, diharapkan Kota Kotamobagu dapat semakin maju dan menjadi contoh dalam penerapan konsep kota cerdas di Indonesia. Program ini diharapkan dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan kemajuan daerah secara keseluruhan.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.