Tahun Ini, Begini Sistem Pola Kelola RTLH di Boltim

0

topikbmr.co BOLTIM- Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), merubah pola dengan sistem tender program Pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di kabupaten Boltim. Hal itu, guna memaksimalka program pembangunan RTLH.

Sekretaris Daerah Boltim Muhammad Assagaf mengatakan, Pola yang dilakukan tahun sebelumnya dinilai tidak maksimal dan belum cocok. untuk itu, pada tahun ini kata dia, akan dirubah polannya.

“Tahun ini proyek pembangunan RTLH akan kita tender. ada 750 RTLH yang akan bangun pada tahun ini,” kata Assagaf.

Menururnya, Pola lama dengan sistem tanggung jawab keluarga yang penerima tak maksimal. Di mana uang yang diberikan kepada penerima untuk membeli bahan, namun tidak berhasil.

Kemudian tahun berikutnya diubah dengan menunjuk pihak ketiga sebagai penyedia bahan.

“Sistem ini bertahan hanya dan menemui kendala. Karena adanya temuan BPK pada penyaluran bahan sebesar Rp200 juta rupiah. Maka sesuai dengan petunjuk Badan Pemeriksa Keuangan, kami akan lakukan proses tender,” ujarnya.

“Ada sekitar 750 rumah yang direncanakan akan dibangun oleh Pemkab Boltim, dengan memakan anggaran miliaran rupiah. Dimana per satu unit rumah diperkirakan memakan dana Rp20 juta rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Rudi Malah menambahkan sudah beberapa kali sistem pihak ketiga dilaksanakan, namun ada pula kendala di lapangan.

“Mungkin adanya tender, proses pembangunan RTLH lebih baik ke depan. pembangunan RTLH sejak 2016 dibangun 120 rumah, 2017 berjumlah 158, pada 2018 sebanyak 587 dan 2019 naik menjadi 750 unit,” jelasnya. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.