SSM Masuk 10 Besar Kepala Daerah Populer Untuk Calon Gubernur Sulut

0

BOLTIM– Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto masuk 10 besar dari 15 nama kepala daerah yang di anggap popular di kalangan masyarakat untuk calon Gubernur Sulawesi Utara.

Sebagaimana survei yang dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sachrul berada di posisi ke 5 (Lima).

Survei dilakukan di Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Kota Manado, Kota Bitung, Bolmong, Bolmut, Boltim, Bolsel, Kota Kotamobagu, Minahasa Tenggara, Kota Tomohon dan Minahasa Utara.

Adapun hasil survei, Elly E. Lasut 34%, Yasti S. Mokoagow 11,3% James Sumendap 7,8%, Tatong Bara 7,4%, Sam Sachrul Mamonto 5%, Maurits Mantiri 4,5% danDepri Pontoh 3,1%.

Koordinator survey DR Maxi Egetan SIP MSi mengatakan, hasil survey dapat mengukur factor dominan dalam menentukan siapa calon Gubernur selanjutnya.

“Dari hasil survey ini di temukan bahwa variabel kepemimpinan dan karakteristik personal kepemimpinan dan karakteristik personal seperti merakyat 20 persen berpengalaman 17 persen dan berprestasi 15 persen merupakan faktor dominan yang menjadi alasan kuat untuk memilih calon Gubernur Sulawesi Utara,” kata Maxi.

Sedangkan latar belakang kandidat calon yang menjadi alasan rasional seperti berkualitas 12 persen dan pintar 5 persen, lebih dominan dibandingkan alasan lainnya termasuk aspek sosiologi.

“Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error lebih kurang 2,80 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen metode yang di gunakan pada survei ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei dimana pada umumnya di gunakan untuk pengumpulan data yang luas dan banyak,” pungkasnya.(*/43)

Leave A Reply

Your email address will not be published.