Kotamobagu

Serap Tenaga Kerja, Pembangunan Drainase di Moyag Tampoan Rampung

TOPIKBMR.NEWS KOTAMOBAGU – Pembangunan saluran Drainase di RT 9 Dusun II desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur rampung dikerjakan.

Drinase dengan panjang sekira 645 meter tersebut, di bangun melalui anggaran Dana Desa (Dandes) Moyag Tampoan tahun anggaran 2020, sekira Rp 450 Juta.

Kaur Pembangunan Desa Moyag Tampoan Rusli Mamonto mengatakan, pekerjaan ini dimulai pada tanggal 23 Maret 2020 dan memakan waktu hampir satu bulan lebih, dengan melibatkan warga setempat seperti Kepala Tukang, Tukang Pekerja dan Pekerja Kenek dan hampir setiap hari menyerap tenaga kerja rata rata di atas 80-90 orang, dengan pembayaran Hari Orang Kerja (HOK) dibayar setiap hari, serta ada juga setiap akhir pekan.

Meski dengan banyak pekerja, tetap memperhatikan himbauan pemerintah ditengah pandemi Covid-19, dengan tetap menjaga jarak tiap pekerja serta pekerja wajib menggunakan masker.

(Foto : Penggalian drainase pada tahap pertama pekerjaan drainase )

” Melibatkan banyak pekerja, juga bentuk mensukseskan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) oleh pemerintah desa Moyag Tampoan, sebagaimana diatur dalam regulasi yang sering disampaikan oleh Kementrian Pedesaan, ” ujar Rusli.

Sementara itu, Sangadi Moyag Tampoan Halidun Tunggil mengatakan, dengan dibangunnya Drainase tersebut, air yang mengalir ketika musim penghujan sudah terbag dua, setelah dibuat gorong gorong pembagi air, sehingga air tidak lagi meluap dan menggenangi halaman rumah warga.

” Setelah selesainya pembangunan Drainase ini. Untuk sementara pekerjaan fisik yang lain kita hentikan. Sebab, pemerintah desa Moyag Tampoan fokus bagaimana penanganan dan pencegahan Covid-19,” tandasnya.

(Foto : Pengecoran Gorong Gorong )

 

Terpisah, Fitra Golonda salah satu pekerja pembagunan Draninase tersebut mengatakan, dengan adanya proyek pembangunan ini. Dirinya bisa bekerja dan mendapatkan hasil setiap hari dengan gaji yang lumayan, untuk kebutuhan rumah tangga sehari hari. (###)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top