Semua Hewan Kurban di Kotamobagu Dilengkapi SKKH

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Hewan kurban yang akan disembeli saat Hari Raya Idul Adha, Jumat (31/7/2020) besok nanti, telah dicek kesehatannya, oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu. Alhasil, dari keseluruhan hewan kurban tidak ada satu pun yang sakit.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu, Samsul Hidayat Lasena, mengatakan berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring yang dilaksanakan, semua hewan qurban yang akan dikurbankan dapat dipastikan sehat semuanya. “Insya Allah Aman,” kata Samsul, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, semua hewan qurban yang akan dikurbankan, berasal dari wilayah Sulawesi Utara khususnya Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Karena tidak ada sapi yang masuk dari daerah wabah, semisal dari Gorontalo. Semua sapi yang di potong berasal dari Sulawesi utara, khususnya BMR. Kalau kambing, memang ada dari Gorontalo, tapi semua dilengkapi dengan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) dari provinsi bersangkutan. Jadi, Insya Allah semua hewan yang akan disembelih besok sehat,” ungkapnya.

Meski telah dinyatakan sehat, Samsul jelaskan proses pemotongan hewan kurban di seluruh wilayah Kotamobagu akan tetap dipantau oleh petugas Dinas Pertanian dan Perikanan yang ada di Desa/Kelurahan se Kotamobagu.

“Ada, karena masing-masing Kelurahan dan Desa, sudah ada petugas yang akan memantau proses penyembelihan besok. Ditambah juga ada tim bergerak dari dinas yang akan memantau secara mobile,” pungkasnya.

(Tri)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.