Boltim

Sekolah di Boltim Sukses Gelar OCDay

TOPIKBMR.CO BOLTIM – Sebagai tindaklanjut surat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia (RI). Dimana, konvensi hak abak dalam undanga-undang tentang perlindungan anak mengamanatkan negara untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, serta memastikan satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tutuyan melakukan belajr sehari di luar kelas, atau outdoor classroom day (OCDay)  Kamis (07/11). Kepsek SMK N 1 Tutuyan Rahma Buntuan mengatakan, program tersebut untuk membiasakan belajar di luar kelas sejak dini. Sebab, kemampuan minat dan bakat anak-anak bukan hanya di ruang kelas saja.

“Begitu juga dengan membangun karakter pribadi yang ramah dan sopan santun, akan dibentuk dari guru maupun siswa itu sendiri,” kata Rahma.

Lanjutnya, senyum salam dan sapa adalah hal utama dalam menjalin komunikasi yang baik anatara guru dan siswa-siswi. Ia mengaku, ada kesulitan dalam membangun karakter siswadi bangku SMK. Sehingga itu, pembentukan karakter anak harus dimulai di bangku Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), maupun sekolah dasar.

“Kita akan berusaha dengan membiasakan kita sebagai guru, ketika anak-anak datang ke sekolah, kita sapa lebih dulu. Itu akan terjalin hubungan emosional yang baik, dan tidak lari ketika melihat gurunya,” ujarnya.

Rahma berharap, kegiatan belajar di luar kelas tersebut akan menjadi awal yang baik dalam memulai proses belajar-mengajar. Ia menuturkan, hal yang pertama dilakukan adalah menyambut siswa dengan senyum, salam dan sapa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mencuci tangan sebelum makan, berdoa, sarapan sehat bersama, membiasakan buang sampah pada tempatnya, peduli sumber daya alam, serta membiasakan diri untuk selalu disiplin.

“Kita juga melakukan games di lapangan, guna untuk mejaga kekompakan dan keakraban sesama siswa,” tukasnya.

Tak hanya SMK Negeri 1 Tutuyan, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN) Bongkudai Kecamatan Modayag Barat juga melakukan one day outdoor classroom di halaman sekolah, Kamis (07/11). Dimulai dari menyambut siswa-siswi di depan pagar sekolah, membaca buku dan kegiatan lainnya. (###)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top