Segera Dibangun, Dinas PUPR Survei Lokasi Sumber Mata Air Bersih Bambe’a Upai

0

topikbmr.co KOTAMOBAGU — Rencana pembangunan jaringan air bersih di Kotamobagu, Jumat (30/8) Tim tehknis perencanaan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kotamobagu, turun melakukan survei lokasi mata air Bambe’a yang terletak di perkebunan milik warga Kelurahan Upai, Jumat (30/8).

Ditemui usai survei, Kepala Seksi (Kasi) PLP dan Air Minum Dinas PUPR Kotamobagu, Zanti Arfa mengatakan untuk perencanaan selanjutnya, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pemilik tanah.

“Kami masih akan berkoordinasi dengan pihak pemilik tanah, karena masih ada survei lanjutan yang akan dilakukan, yakni jaringan serta ketinggian air,” singkatnya.

Menurut Zanti, dipilihnya mata air Bambean sebagai lokasi sumber mata air, karena dari sisi ketersediaan sudah teruji.

“Kualitas cadangan mata air bambean aman, karena sudah teruji paska kemarau yang terjadi beberapa tahun lalu, airnya tidak surut,”jelasnya.

Ditambahkan, estimasi anggaran yang akan digunakan nanti untuk pembuatan Broncaptering atau bangunan penangkap sumber air baku, menurutnya sekitar Rp 200 juta.

“Perkiraan anggaran kurang lebih 200 jutaan, untuk pembuatan bangunan penangkap sumber mata air baku, diluar dari anggaran instalasi jaringan,”pungkasnya.(Wan/Her)

Leave A Reply

Your email address will not be published.