SDM Anggota Koperasi di Kotamobagu Dilatih

0

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU– Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) gelar pendidikan dan pelatihan perkoperasian di Kota Kotamobagu, bertempat di aula Kantor Wali Kota, Selasa (15/6/2021).

Kepala Bidang Koperasi Disdagkop-UKM, Meiva Najoan, mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) para anggota koperasi, baik dari sisi pengelolaannya maupun secara administrasi.

“Karena dari pengamatan kami, koperasi yang ada sekarang ini berjalan tapi administrasinya dan lain-lain masih ada yang kurang dan harus dibenahi,”

Ia mengungkapkan, hampir secara keseluruhan badan usaha koperasi di Kota Kotamobagu belum memiliki Nomor Induk Koperasi.

“Makanya diperlukan pelatihan untuk mereka, dengan tujuan juga untuk memberikan Nomor Induk Koperasi. Karena pada saat ini hanya CU Mototabian yang memiliki Nomor Induk Koperasi dari 33 Koperasi yang ada di Kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Selain itu, terang Meiva, pada kegiatan yang diikuti 40 peserta itu juga dilakukan penginputan data untuk koperasi

“Jadi ini sebenarnya data ini diinput oleh masing-masing koperasi, tapi karena mereka belum diinput, maka kami yang fasilitasi, kami yang menunjukan cara peniginputannya,” terangnya.

Meiva juga berharap, setelah adanya pelatihan tersebut pengetahuan dan pengelolaan Koperasi di Kotamobagu akan lebih baik.

“Untuk yang tidak hadir, nanti kami kunjungi langsung di tempat mereka. Nomor Induk Koperasi ini penting sekali, karena jika belum ada maka koperasi itu tidak akan terdaftar di pusat dan tidak akan mendapatkan bantuan. Semoga pelatihan dan pendidikan ini bisa bermanfaat dan menjadikan koperasi di Kotamobagu lebih baik dan maju,” tandanya.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.