Sande Dodo Buka Kegiatan Pelatihan DEA Bagi Pelaku UMKM Kotamobagu

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU — Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sande Dodo, membuka secara resmi kegiatan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI lewat Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDM Kominfo) Manado, bagi 60 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kotamobagu, Rabu (25/11/2020) di Ball Room Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Wali Kota dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Sande Dodo bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang sangat mempengaruhi perkembangan dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia usaha.

“Oleh karena itu, penguasaan TIK saat ini menjadi hal yang sangat penting serta harus menjadi perhatian dari kita semua. Mengingat perkembangan teknologi yang brgerak sangat cepat, juga menyebabkan perubahan yang sangat besar di berbagai bidang termasuk dalam dunia usaha,” kata Sande.

Pun, pemanfaatan teknologi saat ini menjadi sangat penting termasuk bagi pelaku UMKM.

“Karena salah satu penyebab masih rendahnya tingkat pendapatan para pelaku UMKM saat ini juga disebabkan masih rendahnya pemanfaat TIK membuat inovasi maupun dalam memasarkan berbagai produk kegiatan UMKM,” ujarnya.

Lanjut Sande, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk dapat meningkatkan daya saing para pelaku UMKM di Kotamobagu bahkan Bolmong raya. Terutama dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri.

“Peningkatan daya saing UMKM ini sangat penting dan sangat strategis.karena saat ini UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian termasuk menyediakan dan menyerap tenaga kerja'” tukas Sande.

Untuk itu, dirinya nenghimbau kepada peserta untuk benar-benar dan fokus dalam mengikuti kegiatan ini guna mengembangkan usahanya dan pendapatan bisa meningkat.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan DEA yakni, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kotamobagu Herman Aray, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotamobagu Ahmad Yani Umar, serta Pimpinan Cabang Bank BRI Kotamobagu Erwin Sapari.

(Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.