RSUD Kotamobagu Terapkan Aplikasi FORSA BLUD dalam Pengelolaan Keuangan

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat dengan melakukan pembenahan di berbagai sektor.

Selain perbaikan infrastruktur dan sarana penunjang, RSUD Kotamobagu juga fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Dalam rangka ini, RSUD Kotamobagu bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulawesi Utara untuk menyelenggarakan Bimtek Implementasi Aplikasi Transformasi Sistem Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah (FORSA BLUD).

Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu, Ns Fernando M. Mongkau S.Kep M.Kes, menjelaskan bahwa FORSA BLUD adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP.

“Bimtek ini diselenggarakan oleh BPKP perwakilan Sulawesi Utara,” kata Fernando.

Menurut Mongkau, FORSA BLUD sangat membantu RSUD Kotamobagu dalam mengelola keuangan. Aplikasi ini terintegrasi dengan BPKP, membuat pengelolaan keuangan lebih transparan dan pelaporan realisasi keuangan lebih mudah karena diawasi oleh BPKP.

“RSUD Kotamobagu adalah salah satu dari hanya dua rumah sakit di Sulawesi Utara yang telah menerapkan aplikasi FORSA BLUD dalam pengelolaan keuangan. Rumah Sakit Walanda Maramis Manado juga telah mengadopsi sistem ini,” ungkapnya.

Bimtek ini diikuti oleh berbagai SDM RSUD Kotamobagu, termasuk bagian perencanaan keuangan hingga Pejabat Teknis Pelaksana Kegiatan (PPTK).

“Kegiatan berlangsung hingga Kamis, 10 Agustus, dengan peluncuran resmi bersama Pemkot Kotamobagu dan BPKP perwakilan Sulawesi Utara direncanakan pada pekan depan,” pungkasnya. (Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.