PT PLN dan Pemkab Bolmong Peduli Hutan Mangrove Baturapa

0

topikbmr.co BOLMONG – Mangrove sebagai ekosistem yang sangat bermanfaat bagi lingkungan, saat ini terus terancam keberadaannya. Melihat kondisi yang ada PLN Kotamobagu bersama sama dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow bertekad untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan.

PLN Kotamobagu secara simbolis menyerahkan bantuan ke Pemkab Bolmong sebesar 60 juta rupiah yang berupa gapura nama lokasi hutan mangrove baturapa, penyerahan tumbler minuman, bibit mangrove 1.000 pohon (500 pohon dari PLN UP2D), dilanjutkan penanaman bersama bibit pohon mangrove, Jumat (26/7/2019).

Manager PLN Kotamobagu, Meyrina Turambi pada sambutannya menyampaikan bahwa Hutan Mangrove adalah ekosistem yang harus kita jaga bersama karena banyak sekali manfaatnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility PLN sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan” ungkap Meyrina.

(Foto : Simbolis penanaman bersama pohon mangrove)

Meyrina berharap, ke depannya lokasi Hutan Mangrove Desa Baturapa Bolaang Mongondow ini dapat menjadi tujuan unggulan di Bolaang Mongondow.

“Lokasi eksotis yang memiliki daya tarik yang luar biasa, semuanya bisa terwujud tentunya dengan dukungan warga sekitar untuk sama-sama menjaga lingkungan” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kepedulian PLN terhadap lingkungan.

“PLN menjadi pionir dan diharapkan bagi perusahaan-perusahaan lain di Bolaang Mongondow agar mengikuti jejak PLN untuk peduli terhadap lingkungan sekitar” ungkap Gallang.

Diketahui, kehilangan dan kerusakan hutan mangrove telah menyebabkan berbagai dampak negatif ekologi, ekonomi dan sosial. Mangrove yang baik terbukti melindungi pesisir pantai, termasuk manusia yang menghuninya dari hempasan tsunami dan angin badai.

Foto : Penyerahan tumbler kepada masyarakat Baturapa)

Hutan mangrove juga merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, burung air, dan mamalia laut. Mangrove tercatat sebagai ekosistem terproduktif dari ekosistem daratan manapun di dunia. Mangrove merupakan awal dari rantai makanan di pesisir pantai. (LM/Her)

Leave A Reply

Your email address will not be published.