Pj Wali Kota Asripan Nani Buka Kegiatan Penguatan Kapasitas dan Fungsi BPD se Kotamobagu

0

TOPIKBMR.NEWS, KOTAMOBAGU – Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Kamis 9 November 2023, membuka kegiatan penguatan kapasitas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mendukung tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan efisien.

Kegiatan ini diadakan di Hotel Quality, Manado, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Asisten 1 Pemerintah Kota Kotamobagu, Nasli Paputungan, S.E., serta Sekretaris Institut Pengembangan Manajemen Pemerintahan, Priyo Bayu Utomo. Selain itu, turut hadir pula para Ketua dan seluruh anggota BPD se-Kota Kotamobagu, serta para Camat dan Sangadi se-Kota Kotamobagu.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Dr. Asripan Nani, menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut memiliki nilai strategis dalam rangka membangun kapasitas Ketua dan Anggota BPD, yang memiliki peran penting dalam tata kelola pemerintahan desa.

“BPD memiliki posisi yang sangat strategis dalam rangka pendampingan, perencanaan, pengawasan termasuk hak anggaran. Inilah juga yang menjadi peran dari BPD dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Dr. Asripan Nani.

Lebih lanjut, Wali Kota menjelaskan bahwa terdapat tiga ciri pemerintahan desa yang baik. Pertama adalah transparansi, yang mengharuskan pemerintah desa untuk menjalankan tugasnya dengan keterbukaan dan kejujuran. Kedua adalah partisipasi, yang menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Tidak boleh ada kegiatan di desa yang tidak melibatkan masyarakat. Ketiga adalah akuntabilitas, yang mengharuskan pemerintah desa untuk mempertanggungjawabkan apa yang direncanakan dan dilaksanakan.

“Kegiatan yang dilaksanakan di desa juga harus dilaksanakan secara efektif dan efisien serta harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang ada di desa, harus memiliki nilai tambah. Misalnya, membangun jembatan, dimana jembatan tersebut harus memiliki nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat yang ada di desa,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu BPD dalam memahami peran dan tanggung jawabnya dalam memastikan tata kelola pemerintahan desa yang baik. Sebagai mitra penting pemerintah desa, BPD diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kotamobagu.

Semua pihak yang hadir pada acara ini berkomitmen untuk bekerja sama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan efisien demi kesejahteraan masyarakat Kotamobagu. (tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.