Ekonomi

Pensiunan ASN Kembangkan Potensi Bibit Pertanian di Kotamobagu

TOPIKBMR.NEWS,KOTAMOBAGU – Pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan berarti pensiun dalam melakukan aktifitas. Terlebih dalam melakukan aktifitas pertanian. Demikian yang dilakukan Yonce Mamangkey.

Pensiunan ASN Pemkab Bolaang Mongondow yang berdomisili di Kota Kotamobagu ini, memanfaatkan waktu luangnya setelah pensiun dengan melaksanakan bisnis pembibitan tanaman pertanian di Kota Kotamobagu. Usahanya ini terbilang sangat menjanjikan.

Pasalnya, Yonce telah menggeluti usaha pembibitan komoditi tanaman pertanian ini sudah puluhan tahun dan bisnis pembibitannya cukup laris dan tersebar di mana-mana. Ada beragam komoditi yang di kembangkan oleh Pak Oce sapaan akrabnya, diantaranya, bibit Cengkeh, Kakao, Kopi, Kemiri, dan sayur-sayuran.

“Ada juga dari provinsi yang memesan bibit disini. Jadi setiap kegiatan pengembangan pertanian di BMR, maka dari provinsi sudah melakukan pemesanan bibit disini dengan skala besar,” kata Oce, saat disambangi di tempat pembibitannya.

Pak Oce mengungkapkan, ada beberapa daerah yang memesan ribuan bahkan ratusan ribu bibit ditempatnya. “Sudah ada beberapa desa yang memesan bibit disini, lewat dana desa. Disalurkan di Dua Kabupaten, yaitu Bolmong Induk dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),” ungkapnya

Penyediaan bibit tanaman ini sangat berpotensi, terutama dalam mendorong sektor pertanian yang ada di BMR. Ratusan ribu bibit kini Ia siapkan untuk memenuhi permintaan petani.“Paling banyak itu saya membuat 400 ribu bibit cengkeh, nah saat ini ada sekitar 250 ribu bibit kakao yang sedang digarap,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Kotamobagu melalui Kepala Bidang Perkebunan, Tanaman Pangan Ramjan Mokoginta mengatakan, Pemkot terus mendorong petani agar terus menggarap sektor pertanian di Kotamobagu.

“Salah satunya dengan memberikan bantuan serta penyuluhan dan pendampingan bagi para petani agar terus menggarap dan mengembangkan sektor pertanian yang ada di kotamobagu,” ungkapnya.

(Tri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top