Pengembangan Wilayah Transmigrasi di Nuangan Tunggu RT/RW

0

topikbmr.co, BOLTIM- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), mengembangkan kawasan transmigrasi ke Kecamatan Nuangan. Namun, perluasan wilayah transmigrasi itu masih menunggu RT/RW.

Kepala Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Sumber Daya Manusia, Irwan Kiay Demak mengatakan, Pemkab berencana mengembangkan kawasan transmigrasi ke Nuangan, tetapi masih menunggu RT/RW.

“Transmigrasi diatur sesuai Nomor 3 tahun 2014. Boltim saat ini memiliki satu kawasan trasmigrasi yakni Balukud yang tepat berada di kecamatan Motongkad Boltim.Rencana perluasan hingga ke Kecamatan Nuangan itu akan ada perbedaan sistem seperti di wilayah Motongkad. Karena daerah pesisir pantai,” kata Irwan.

Lanjut Irwan, ada beberapa pola yang akan diterapkan di kawasan transmigrasi.

“Contohnya membuat perumahan dan jadikan laut sebagai lahan usaha. Hal itu juga untuk membantu nelayan dengan pola nelayan. Bangun perumahan dan laut jadi lahan usaha. Dengan memberikan bantuan alat tangkap dan fasilitas lainnya kepada nelayan,”ujarnya.

“Kawasan transmigrasi di Kecamatan Motongkad, dengan luas wilayah 500 hektare dengan jumlah kepala keluarga 56 KK, masing-masing mendapat luasan pekarangan rumah 1 hektar. Rencananya tahun ini, akan ada penambahan 44 unit, jembatan, sekolah serta jalan ke lahan usaha. Kapasitas 200 unit rumah tinggal hingga 2020,” jelasnya. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.