Kotamobagu

Pemkot Kotamobagu Asistensi Jalur Ringroad di BPVMBG Bandung

topikbmr.co KOTAMOBAGU –Rencana pembangunan jalan lingkar, (Ringroad) yang akan melintasi sejumlah wilayah di Bolmong raya, termasuk Kota Kotamobagu ini, terus dimatangkan pihak Pemkot Kotamobagu.

Hal ini, menyusul kunjungan tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu di Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BPVMBG) Bandung, guna melakukan konsultasi.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang Dinas PUPR Kotamobagu, Adnan Pratama, ST, MM yang juga selaku Panitia Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan mengatakan, maksud konsultasi yang dilakukan pihaknya, untuk memastikan kualitas pembangunan jalan lingkar yang baik dan aman.

“Konsultasi yang kita lakukan, yakni untuk memastikan jalur patahan yang akan dilalui jalan lingkar ini. Agar nantinya, disaat proyek ini mulai dibangun, tidak ada lagi kendala di lapangan,” ujar Adnan, Kamis (5/9).

Menurut Adnan, berangkat dari yang sudah, banyak proyek serupa yang hasilnya tidak maksimal usai dibangun. Hal ini disebabkan perencanaan pra pembangunan yang kurang matang.

“Berkaca pada pengalaman beberapa daerah, ada sejumlah ruas jalan yang dibangun selalu rusak karena melintasi jalur sesar atau patahan pada tubuh bumi yang mengalami pergerakan. Untuk itu, kita mau pastikan jalan lingkar yang akan kita bangun aman agar usianya bisa bertahan lama,” terangnya.

Terpisah, Sekda Kota Kotamobagu Ir Sande Dodo, MT yang juga Plt Kepala PUPR menambahkan, untuk pembangunan jalan lingkar ini harus memperhatikan titik-titik patahan bumi.

“Yang harus dihindari dalam lintasan pembangunan jalan lingkar ini, yakni titik patahan bumi yang membuat jalan selalu rusak, seperti terjadi penurunan badan jalan. Contohnya di desa lobong yang akhirnya ruas jalannya dipindahkan. Intinya kita menghindari pembangunan yang mubazir,” kata Sande.

Untuk itu Sande berharap jalan lingkar yang akan dibangun dengan dana yang cukup besar itu, tidak terjebak di jalur patahan.

“Yang paling tahu daerah patahan diseluruh Indonesia ini adalah BPVMBG, makanya jalan ringroad ini jalurnya di asistensi ke BPVMBG,” pungkasnya.(Wan/Her)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Alamat Kantor

Desa Moyag Tampoan
Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Arsip Berita

Copyright © 2016-2018 TOPIKBMR.COM. All Rights Reserved.

To Top