Pemkab Boltim Sukses Gelar STQH Tingkat Kabupaten

0

topikbmr.co, ADVETORIAL, BOLTIM- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Pemkab Boltim), sukses melaksanakan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke-V, se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

STQH yang diikuti utusan dari tujuh Kecamatan ini, digelar selama tiga hari ini, dibuka langsung Bupati Boltim Sehan Salim Landjar, Rabu (20/03/2018) dan ditutup wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit, Jumat (22/03/2019) kemarin.

STQH yang dilaksanakan di Lapangan Desa Motongkad, Kecamatan Motongkad ini, mengangkat tema “Melalui STQH ke-V mari kita wujudkan Masyarakat yang gemar membaca, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Alqur’an”.

 

Menurut Bupati Sehan Salim Landjar, Pelaksanaan selsksi Tilawatil Qur’an ini merupakan salah satu kegiatan religius dan termasuk agenda rutin setiap tahun Pemkab Boltim.

Selain itu kata Sehan, kegiatan ini diharapkan menjadi media Dakwah dan Syiar keagamaan yang efektif dan mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari keagamaan.

“Dan yang terpenting adalah kegiatan ini diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil dari pembelajaran Alqur’an yang berlangsung ditengah-tengah masyarakat Boltim. Pelaksanaan STQ ini tidak semata-mata untuk mencari juara lomba, melainkan untuk membangun karakter melalui Agama. Disamping itu kegiatan STQ diharapkan sebagai wahana mencetak Generasi Qur’ani, yaitu generasi yang mampu menyerap nilai-nilai Al Qur’an,” kata Sehan, bupati Boltim dua periode pada acara pembukaan STQH.

Selaku pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Boltim lanjut Sehan, pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setingi-tingginya atas pelaksanaan STQ kali ini, karena kegiatan ini MTQ ataupun STQ selalu mengharumkan nama Kabupaten Boltim baik ditingkat Provinsi bahkan Nasional.


“Mari kita jadikan kegiatan STQ ini sebagai momentum awal untuk memperbaiki diri, intropeksi diri. Bagi Generasi-generasi penerus bangsa kita, mari kita ajarkan sejak dini kepada anak anak dan cucu kita dilingkungan keluarga terutama membaca tulis dan memahami Al Qur’an,” ujar eyang sapaan akrab Sehan Landjar.

“Semoga melalui pelaksanaan STQ ini dapat terpilih Qari Qari’ah, Hafidz Hafidzah terbaik, yang nantinya akan kita utus mewakili Kabupaten Boltim pada STQ tingkat Provinsi Sulawesi Utara pada bulan april mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Boltim, Rusdi Gumalangit mengatakan, juara kabupaten tentu akan menjadi perwakilan daerah di tingkat Provinsi nanti.

“Selamat bagi pemenang lomba. Semoga kalian bisa tampil terbaik saat mengikuti lomba tingkat Provinsi nanti. Dan yang belum berhasil teruslah berlatih, agar kedepan genarasi kita bisa tetap menjadi yang terbaik,” kata Rusdi pada acara penutupan STQH.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri Kyai Haji Yasir Bachmid sebagai penceramah, Kepala Kantor dan kepala bidang Kementrian Agama Provinsi Sulut, Kepala Kantor Kementrian Agama Boltim,para Anggota DPRD Boltim, Sekda, dan jajaran SKPD, para Camat, serta kepala Desa se Boltim. (Gery)

Leave A Reply

Your email address will not be published.